search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lima Ormas Gelar Donor Darah Peringatan Waisak, Ketua INTI Bali: Inklusif dan Kebersamaan
Senin, 27 Mei 2024, 09:59 WITA Follow
image

beritabali/ist/Lima Ormas Gelar Donor Darah Peringatan Waisak, Ketua INTI Bali: Inklusif dan Kebersamaan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Lima organisasi sosial bersinergi menggelar donor darah massal pada Minggu 26 Mei 2024 di Maha Vihara dan Pusdiklat Buddha Maitreya, Denpasar sebagai bentuk rangkaian peringatan Hari Suci Waisak. 

Lima organisasi itu terdiri dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI Bali), Persatuan Umat Budha Indonesia (Perbudhi), Duta Agung Generasi (DAG), Perkumpulan Abadi Kalimantan Barat dan Perkumpulan Teochew.

Ketua INTI Bali, Dr. Agung Prianta menyebut, kegiatan yang bekerjasama dengan Persatuan Donor Darah Indonesia ini diisi dengan pameran UMKM dan bazar kuliner vegan.

"Kami senang perayaan Waisak dimaknai dengan kegiatan yang berpilar kepada inklusif sosial dan kebersamaan, sehingga benar-benar bisa bermanfaat bagi sesama," ungkap Agung, di sela kegiatan. 

Donor darah ini disambut antusias oleh umat Buddha serta masyarakat umum. Donor darah memang semakin menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. 

Selain karena layanan mudah dijangkau karena terdapat banyak aksi donor darah, tentu kebiasaan ini memberi manfaat kesehatan kepada pendonor. 

Agung menyebut, lima organisasi yang terlibat memang konsisten menggelar aksi sosial, salah satunya ketika pandemi Covid-19.

Melibatkan UMKM disebutnya untuk membantu pengembangan UMKM di Bali, sehingga pelaku UMKM semakin bersemangat. Suasana donor darah ini penuh dengan kebersamaan. Agung berupaya, kegiatan serupa digelar rutin. 

"Kami juga harus berterimakasih kepada PMI dan PDDI yang telah mendukung. Saya juga mengucapkan selamat memperingati Hari Palang Merah Sedunia," tuturnya. 

Sementara Ketua PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra mengapresiasi gerakan lima organisasi tersebut. 

Aksi ini ia katakan sangat membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah di Provinsi Bali yang mencapai 80 juta kantong pertahunnya. 

"Donor darah itu ada manfaatnya, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan hingga mendeteksi penyakit serius. Maka donorlah secara rutin," sebutnya. 

Ketua Umum DAG, Ketut Aryana Tan menambahkan, peserta donor yang lulus tes kesehatan mencapai 122. Jumlah itu melebihi target yang awalnya hanya 100 pendonor. 

"Jumlah partisipant lebih dari target, ini luar biasa. Terimakasih kepada para pendonor," ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami