search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dipasangkan dengan Cantiasa, De Gadjah: Saya Serahkan pada Masyarakat
Kamis, 27 Juni 2024, 15:13 WITA Follow
image

beritabali/ist/Dipasangkan dengan Cantiasa, De Gadjah: Saya Serahkan pada Masyarakat.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Dinamisnya situasi politik di Bali mencuatkan nama paket pasangan calon (paslon) baru untuk Pemilihan Gubernur atau Pilgub Bali 2024. 

Setelah nama Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Made Muliawan Arya (Mantra-Mulia) kini muncul nama Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa dan Made Muliawan Arya (Cantiasa-Mulia).   

Menanggapi isu nama paket baru tersebut, pria yang akrab dipanggil De Gadjah itu buka suara. Ia meyakini nama tersebut merupakan aspirasi dan dukungan dari masyarakat. Untuk itu, ia menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat dan DPP Gerindra merespons aspirasi nama tersebut.

"Saya menyerahkan kepada masyarakat. Mengenai keamanan beliau sangat kompeten dan pengalaman di bidang teritorial, beliau adalah orang pintar. Tetapi, saya serahkan kepada masyarakat dan keputusan berada di pimpinan di pusat. Jadi dengan siapa pun saya tidak masalah, meski tidak dicalonkan pun saya siap. Siapa calonnya nanti adalah yang penting baik untuk masyarakat Bali," ujar De Gadjah saat ditanya awak media di Sekretariat DPD Gerindra Bali, Renon, Denpasar, Rabu (26/6/2024).

De Gadjah yang juga Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Bali menekankan jika program dari pusat supaya tetap terkoordinasi baik untuk masyarakat Bali, maka ke depan harus dapat menjaga komunikasi dengan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Tahun 2024-2029.

"Supaya program dari pusat dapat tersalurkan ke tingkat provinsi hingga kabupaten kota di Bali. Jadi linier dan sikron dengan pusat," sebutnya.

Perihal hubungan dengan Cantiasa, De Gadjah mengaku saat ini masih membina hubungan baik dan tidak ada kendala keduanya jika mendapat restu dari Prabowo Subianto.

"Saya dengan beliau (Cantiasa) hubungannya baik. Bahkan, sejak beliau menjabat Danrem, saya hubungannya baik. Tetapi untuk urusan ini (bakal pasangan calon) saya dengan beliau belum ada pembicaraan. Sebab, saya juga hanya 'prajurit perang' saja, urusan itu (rekomendasi) nanti di Pak Prabowo Subianto," tutur pria bertubuh tinggi kekar yang baru saja memenangkan Pileg 2024 untuk tingkat DPRD Bali ini.

Terkait nama Rai Mantra yang sempat diusung sebelumnya, De Gadjah menekankan keputusan ada di DPP Partai Gerindra.

"Ya saya serahkan lagi ke masyarakat dan pimpinan di pusat yang menentukan bagaimana. Intinya kami Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Bali, meski sudah oke dan setuju dengan paket ini (Mantra-Mulia), tapi jika instruksi lain pimpinan kami di pusat, KIM di Bali siap all out. Ya perubahan-perubahan pasti akan terjadi, jangankan waktunya lagi satu bulan, besok saja bisa berubah. Jadi jangan kaget aja, kan bisa saja ada kejutan, semua bisa terjadi," bebernya.

Kendati demikian, anggota DPRD Bali terpilih periode 2024-2029 itu tetap membuka komunikasi dengan partai politik lain bahkan di luar KIM, sehingga kondisinya masih mencair. 

"Demokrasi sudah berjalan, jangan sampai ada kotak kosong. Tapi kalau Merah (PDIP) berkoalisi dengan KIM Bali, ya bisa saja kotak kosong. Ya atur-atur aja yang mana terbaik untuk daerah kita ini. Yang maju adalah putra-putra daerah terbaik di Bali. Hal utama semuanya berjalan damai, Pemilu juga berjalan aman, kan bagus. Ngak ada musuh-musuhan, yang tujuannya adalah untuk membangun Bali," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa saat ini menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN) dan sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus.

Cantiasa merupakan pria kelahiran 26 Juni 1967 dan merupakan lulusan terbaik Akmil Tahun 1990, dan sangat berpengalaman di bidang infanteri atau Kopassus. Ia sebelumnya menjabat Koordinator Staf Ahli (Korsahli) KSAD dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Editor: Robby

Reporter: Gerindra Bali



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami