search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Sayuran Ini Lebih Sehat Ketika Dimakan Mentah
Rabu, 7 Agustus 2024, 11:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/5 Sayuran Ini Lebih Sehat Ketika Dimakan Mentah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Sayuran kerap dijadikan salah satu menu diet karena dianggap merupakan makanan yang sehat. Cara penyajian dan mengonsumsi sayuran pun berbeda-beda, salah satunya dengan langsung dimakan secara mentah.

Mengonsumsi makanan mentah ke dalam pola makan sehari-hari memang bisa memberi manfaat kesehatan yang cukup banyak. Sebab, ada beberapa makanan yang justru akan kehilangan banyak nutrisi penting ketika melalui proses memasak.

Begitu juga dengan sayuran. Memang ada sayuran yang harus dimasak sebelum dimakan. Tapi, beberapa sayuran lebih sehat ketika dimakan mentah. Alasannya karena banyak manfaat kesehatan yang bisa diserap tubuh.

Berikut ini beberapa jenis sayuran yang bisa dimakan mentah dan sehat.

1. Brokoli
Melansir berbagai sumber, brokoli mengandung nutrisi penting yang sangat sehat untuk tubuh Anda. Senyawa utama dari brokoli adalah sulforafan yang bisa mengaktifkan enzim detoksifikasi tubuh dan membantu melawan sel kanker.

Penelitian juga menunjukkan bahwa brokoli mentah lebih banyak kandungan sulforafannya daripada yang dimasak. Makanya, brokoli mentah selama dibersihkan dengan baik jauh lebih sehat saat dimakan.

2. Kale
Kale sering dianggap sebagai makanan super kaya vitamin dan mineral. Manfaat maksimal dari kale ternyata lebih bisa diserap tubuh saat dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Anda bisa mengonsumsi kale dengan cara dibuat salad atau smoothie yang bisa dimakan setiap saat.

3. Zucini
Zucini mentah merupakan sayuran serbaguna yang bisa ditambahkan sebagai topping atau makanan terpisah. Beberapa vitamin dan mineral dalam zucini juga lebih tinggi dalam keadaan mentah.

4. Aragula
Aragula mengandung lebih banyak nutrisi daripada selada. Sayuran berdaun hijau ini padat dan lezat serta kaya akan antioksidan dan fitokimia. Anda dianjurkan untuk menikmatinya dalam keadaan mentah agar nutrisinya tetap terjaga.

5. Timun
Melansir Times of India, timun atau mentimun juga jadi sayuran sehat yang bagus ketika dimakan mentah. Anda bisa menambahkannya dalam salad atau sekadar lalapan biasa. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami