search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Polda Bali Siagakan 2.147 Personel untuk Pengamanan Pilgub
Jumat, 23 Agustus 2024, 22:41 WITA Follow
image

beritabali/ist/Polda Bali Siagakan 2.147 Personel untuk Pengamanan Pilgub.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Polda Bali hari ini, Jumat 23 Agustus 2024 telah menggelar operasi kepolisian bersandi Operasi Mantap Berata 2024. Operasi kepolisian ini dilaksanakan guna mengamankan Pilkada Serentak 2024 dari mulai pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Walikota-Wakil Walikota/ Bupati Wakil Bupati. 

"Kesiapan tersebut sudah kami rencanakan sejak tahun lalu sebelum pelaksanaan Pemilu serentak," terang Kabid Humas Polda Bali Kombespol Jansen Avitus Panjaitan di lokasi gelar pasukan di Lapangan Renon, Denpasar. 

Dia mengatakan, dalam pengamanan Pemilihan Gubernur Bali pihaknya menyiagakan 2.147 orang. Sedangkan pengamanan Pemilihan Bupati/Walikota yakni, Polresta Denpasar menyiagakan 800 orang, Polres Buleleng menyiagakan 760 orang, Polres Tabanan menyiagakan 670 orang. 

Lanjut, Polres Gianyar menyiagakan 650 orang, Polres Karangasem menyiagakan 550 orang, Polres Jembrana menyiagakan 560 orang, Polres Klungkung menyiagakan 460 orang, Polres Bangli, menyiagakan 340 orang, dan Polres Badung menyiagakan 550 orang. 

"Personel Polda Bali juga akan di sebar untuk di perbatuan (BKO) sesuai jumlah kebutuhan dari permintaan masing-masing Polres/ta jajaran untuk mengamankan TPS," tegasnya. 

Mantan Kapolresta Denpasar ini menegaskan, Adapun rencana tahapan-tahapan pengamanan diantaranya, yakni tahapan pengumuman dan pendaftaran bakal calon mulai 24 sampai 29 Agustus 2024. Tahap penelitian persyaratan, penetapan dan pengundian nomor urut calon mulai 30 Agustus sampai 23 september 2024. Apel kesiapan tahapan kampanye 24 September dan pengamanan tahap kampanye mulai 25 September sampai 23 November 2024.

Pengamanan tahapan masa tenang 24 sampai 26 november 2024. Dilanjutkan pengamanan yang paling penting tahap pungut suara 27 November 2024, lalu tahap hitung/rekap suara 28 November sampau 16 Desember 2024. 

"Untuk pengamanan tahap penetapan calon terpilih dan tahap pengesahan calon terpilih tentatif karena masih menunggu jadwal dari KPU," terangnya. 

Kombes Jansen mengatakan sebelumnya Polda Bali telah melaksanakan beberapa kegiatan sebagai persiapan. Seperti Latpraops pada 18 Agustus untuk menyamakan persepsi dalam setiap tindakan agar smua personel paham dan bertindak sesuai SOP dalam tugas pengamanan. 

Selain itu, Polda Bali melaksanakan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang diikuti 2147 personel gabungan Satker Polda, bersinergi dengan Kodam X/Udayana, Pemprov dan mitra Kamtibmas lainnya. 

"Dalam pengamanan Pilkada ini netralitas Polri tetap kami jaga," tandasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/spy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami