search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
SPBU di Jembrana Gelar "Challenge" Sumpah Pemuda, yang Hafal Dapat Pertamax Gratis
Senin, 28 Oktober 2024, 18:02 WITA Follow
image

beritabali/ist/SPBU di Jembrana Gelar "Challenge" Sumpah Pemuda, yang Hafal Dapat Pertamax Gratis.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, berbagai kegiatan digelar di sejumlah wilayah, termasuk di Kabupaten Jembrana. 

Namun, berbeda dari peringatan pada umumnya, sebuah SPBU di Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Jembrana, mengadakan tantangan unik untuk para pengunjung.

Pengelola SPBU tersebut, Sudirman Iskandar Alfan, memberikan challenge kepada masyarakat untuk menghafalkan isi teks Sumpah Pemuda. Bagi yang berhasil, mereka akan mendapatkan hadiah dua liter pertamax secara gratis. Meskipun begitu, Alfan menyebutkan bahwa kuota hadiah ini terbatas.

Menurut Alfan, tantangan ini rutin dilaksanakan hampir setiap tahun. "Tujuannya agar masyarakat, terutama generasi muda, tetap mengingat makna dari Sumpah Pemuda. Yakni, bertanah air satu Tanah Indonesia, berbahasa satu Bahasa Indonesia, dan berbangsa satu Bangsa Indonesia," ujar Alfan.

Ia menambahkan, respons masyarakat cukup beragam. "Ada yang masih hafal, ada juga yang mulai lupa dengan isi teks Sumpah Pemuda," katanya.

Salah satu pengendara yang mendapatkan hadiah pertamax gratis, Heni Wijaya, menyambut baik kegiatan tersebut. Ia menilai, selain membantu masyarakat melalui pemberian bahan bakar gratis, kegiatan ini juga menjadi pengingat bagi masyarakat agar tidak melupakan sejarah bangsa.

"Sangat positif, khususnya bagi yang hafal diberikan reward. Ini bisa membantu sekaligus menyadarkan masyarakat agar terus mengingat sejarah, seperti Pancasila dan Sumpah Pemuda," ungkap Heni.

Dengan adanya challenge ini, SPBU di Jembrana tidak hanya memeriahkan peringatan Sumpah Pemuda, tetapi juga berupaya membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami