Politik

Alasan Politikus PDIP Ingin Legalkan Money Politics di Pemilu

 Kamis, 16 Mei 2024, 10:03 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Alasan Politikus PDIP Ingin Legalkan Money Politics di Pemilu

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDIP, Hugua mengusulkan agar money politics atau politik uang dalam pemilu dilegalkan dalam jumlah tertentu. Usul itu ia sampaikan dalam rapat kerja dengan KPU, Bawaslu, DKPP, Rabu (15/5).

"Bahasa kualitas pemilu ini kan, pertama begini, tidakkah kita pikir money politics kita legalkan saja di PKPU dengan batasan tertentu," kata Hugua dalam rapat.

Hugua beralasan praktik money politics selama ini menjadi keniscayaan dalam pelaksanaan pemilu. Menurut dia, tanpa money politics peserta pemilu tidak bisa terpilih.

Oleh karena itu, ia meminta agar KPU membuat aturan lebih tegas soal money politics. Dia ingin agar money politics dilegalkan saja selama tak melewati batas tertentu. Sehingga, Bawaslu ke depan juga bisa mengambil tindakan lebih tegas.

"Ini coba dipertegas dan bahasanya dilegalkan saja batas berapa, sehingga Bawaslu juga tahu bahwa kalau money politics batas ini harus disemprit," ucapnya.

Hugua meyakini selama tidak diatur, para peserta pemilu akan terus kejar-kejaran dengan penyelenggara atau pengawas pemilu. Sementara para pemenang pemilu hanya akan terus menerus dimenangkan mereka yang memiliki uang.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending