News

Israel Ngotot Invasi dan Mulai Duduki Rafah Meski Dilarang AS

 Rabu, 08 Mei 2024, 08:52 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Israel Ngotot Invasi dan Mulai Duduki Rafah Meski Dilarang AS

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Militer Israel mulai menduduki Rafah, kota selatan di Jalur Gaza, Palestina, pada Selasa (7/5) pagi.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan pihaknya berhasil mengambil kendali sebagian wilayah perbatasan Palestina dengan Mesir tersebut.

Operasi militer ini berlangsung setelah Israel berkoar-koar akan tetap melancarkan invasi darat ke Rafah meski telah ditentang komunitas internasional, termasuk sekutu dekatnya sendiri, Amerika Serikat.

"Kami memiliki pasukan khusus yang memindai perbatasan. Itu yang akan terjadi dalam beberapa jam ke depan," demikian pernyataan IDF.

IDF mengaku pihaknya sudah memulai operasi di Rafah sejak tadi malam di sebuah area khusus yang berlokasi di timur wilayah tersebut. Area timur Rafah selama ini menjadi tempat evakuasi warga Palestina dan organisasi internasional.

Seiring dengan ini, tank-tank Israel dilaporkan mulai merangsek masuk ke Rafah. Menurut pejabat keamanan Palestina dan Mesir, tank-tank tersebut telah mencapai 200 meter wilayah Rafah yang berbatasan dengan Mesir.

Pengerahan tank-tank ini mau tak mau memaksa perbatasan Rafah ditutup total.

Juru bicara Otoritas Umum Perbatasan dan Penyeberangan, Wael Abu Omar, mengatakan kepada CNN bahwa pengiriman bantuan ke Jalur Gaza terpaksa dihentikan buntut penutupan perbatasan.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending