News

Ketar-Ketir Ancaman Cina, Taiwan Perpanjang Wajib Militer Setahun

 Kamis, 29 Desember 2022, 21:05 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Ketar-Ketir Ancaman Cina, Taiwan Perpanjang Wajib Militer Setahun

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Taiwan memperpanjang wajib militer (wamil) dari empat bulan menjadi satu tahun di tengah ancaman serangan Cina yang semakin meresahkan.

"Wajib militer empat bulan saat ini tak cukup untuk menghadapi situasi yang cepat dan selalu berubah," kata Presiden Tsai Ing Wen saat konferensi pers pada Selasa (27/12) seperti dikutip AFP.

Ia kemudian berujar, "Kami telah memutuskan untuk mengembalikan wajib militer satu tahun mulai 2024."

Perpanjangan itu mulai berlaku pada Januari 2024. Aturan ini juga bakal diterapkan bagi laki-laki yang lahir setelah 1 Januari 2005, papar Tsai. Dalam konferensi pers itu, pejabat Menteri Pertahanan juga mengatakan wajib militer akan bertugas menjaga infrastruktur utama dan memungkinkan pasukan reguler merespons jika ada upaya Cina menyerang.

Taiwan secara bertahap mengalihkan fungsi wajib militer menjadi pasukan profesional. Namun, intimidasi Cina yang terus meningkat dan invasi Rusia di Ukraina memicu perdebatan soal urgensi meningkatkan pertahanan.

Di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, Cina meningkatkan intimidasi dan provokasi terhadap Taiwan dalam beberapa tahun terakhir. Ancaman itu semakin meningkat usai Rusia menginvasi Ukraina.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending