News

KPU Tabanan Bingung Aturan Kampanye di Medsos Belum Jelas

 Kamis, 18 Oktober 2018, 23:10 WITA

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 
Beritabali.com,Tabanan. Aturan yang belum jelas tentang kampanye di media sosial (medsos) membuat penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU Tabanan kebingungan dalam menegakkan aturan. 
 
[pilihan-redaksi]
Hal itu ditegaskan oleh Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa, usai rapat perdana mengenai pembagian divisi para komisioner KPU Tabanan periode 2018 - 2023, Kamis (18/10). Dijelaskannya, sejak dibukanya masa kampanye  mulai tanggal 23 September 2018, para calon legislatif dari partai politik sudah bisa berkampanye di media sosial. Namun, ia menuturkan aturan yang mengatur belum jelas.  
 
“Apabila ada yang melanggar melakukan kampanye di Medsos, KPU belum bisa memberikan sanksi apapun terhadap akun tersebut karena memang belum ada aturan yang jelas mengatur tentang kampanye di media sosial," ujarnya. 
 
[pilihan-redaksi2]
Hal itulah membuat pihaknya kebingungan untuk melakukan tindakan. Guna mengatasi permasalah tersebut, pihaknya sedang berkoordinasi dengan KPU Provinsi dan KPU RI yang membuat aturan tersebut.  “Kami juga akan berkoordinasi dengan Kominfo,” tandasnya. 
  
Terkait maraknya caleg yang sudah berkampanye di medsos, Weda menegaskan pihaknya belum berani mengambil langkah atau memberikan sanksi. “Aturannya belum ada, jadi kami tidak berani melalukan tindakan tegas kepada caleg yang sudah kampanye di media sosial terlebih jika terbukti melanggar akan membuat sulit Bawaslu sendiri apakah akun tersebut akan di blok, sementara tugas memblokir akun kan dari Kominfo," tuturnya. (bbn/nod/rob) 

Penulis : bbn/nod



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending