News

Stafsus Jokowi Sikapi Turis Asing yang Terus Menerus Berulah di Bali

 Senin, 08 Juli 2024, 17:24 WITA

beritabali/ist/Stafsus Jokowi Sikapi Turis Asing yang Terus Menerus Berulah di Bali.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Koordinator staf khusus Presiden Joko Widodo, Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana, mengungkapkan keprihatinannya terhadap insiden perilaku tidak pantas beberapa turis di Bali baru-baru ini. 

Insiden termasuk turis yang duduk di pintu mobil yang sedang bergerak di jalan raya serta turis yang berlari-lari hanya menggunakan handuk sebagai penutup bagian bawah tubuh di jalan umum di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung.

Menurut Dwipayana, menjaga "quality tourism" atau pariwisata berkualitas sangat penting. "Kualitas pariwisata ini harus diperhatikan dengan baik, termasuk dalam menilai kriteria wisatawan yang datang ke Bali," jelasnya belum lama ini.

Dwipayana menegaskan perlunya evaluasi lebih lanjut terhadap aturan yang mengatur perilaku wisatawan di Bali. "Penerapan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh wisatawan perlu dievaluasi kembali dan turis harus mendapatkan edukasi yang jelas mengenai hal ini," ucapnya.

Selain itu, Dwipayana juga menyoroti pentingnya peningkatan sistem pengawasan terhadap orang asing di Bali. "Kita perlu mengevaluasi kembali sistem pengawasan terhadap WNA (Warga Negara Asing), termasuk bagaimana penanganan yang dilakukan, yang sebelumnya melibatkan pihak kepolisian dan sekarang lebih ditekankan pada pihak imigrasi," katanya.

Dwipayana juga menambahkan bahwa pengawasan di komunitas-komunitas tertentu menjadi krusial dalam upaya mencegah turis melakukan perilaku yang tidak pantas di wilayah tersebut.

Penulis : bbn/aga

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending