News

Terganjal Biaya, Jenazah TKI asal Tejakula Belum Bisa Dipulangkan

 Jumat, 07 Juni 2024, 23:14 WITA

beritabali/ist/Terganjal Biaya, Jenazah TKI asal Tejakula Belum Bisa Dipulangkan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Kajanan, Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Buleleng, Nyoman Yudara (35) meninggal dunia di Ceko. TKI yang bekerja sejak tahun 2022 tersebut dikabarkan meninggal lantaran mengalami sakit.

"Iya benar itu warga kami. Meninggalnya dari keterangan polisi dan rumah sakit disana baru dibilang sakit. Kami juga belum tahu pasti sakit apa karena hasil visumnya belum keluar. 3 bulan lagi baru bisa keluar katanya. Sekarang jenazahnya di Praha, Ceko," ungkap Kepala Dusun Kajanan, Desa Tejakula, Made Suartawan, Jumat 7 Juni 2024.

Disebutkan, Yudara diketahui meninggal dunia pada 5 Juni 2024 dan saat ini jenazahnya masih dititipkan di rumah sakit setempat. Seharusnya almarhum telah kembali ke Indonesia, namun memilih untuk tetap bekerja di Ceko.

"Kerjanya terakhir di restoran. Baru 2 hari. Sebelumnya pernah kerja di tempat lain. Tanggal 31 Mei 2024 kontraknya sudah selesai dari tempat sebelumnya. Seharusnya dia pulang. Teman-temannya semua sudah pulang. Tapi dia masih ingin kerja disana," ucap Suartawan.

Upaya koordinasi untuk pemulangan jenazah juga masih terus dilakukan dan juga telah melakukan koordinasi dengan pihak KBRI di Ceko agar korban dapat dipulangkan secara utuh.

“Di Ceko ada pamannya juga yang membantu mengurus jenazahnya. Disana dia juga cari bantuan agar cepat bisa dipulangkan. KBRI menyarankan untuk kremasi di Ceko agar biayanya sedikit tapi keluarganya ingin agar jenazahnya utuh sampai di rumah duka," beber Suartawan.

Sementara, pihak keluarga sendiri sempat melakukan komunikasi sehari sebelum meninggal dunia, tepatnya pada Selasa 4 Juni 2024, saat itu Yudara mengeluh sakit batuk dan merasa sesak nafas. Yudara sendiri meninggalkan seorang istri dan satu anak yang masih berusia setahun. Saat ini pihak keluarga masih mengupayakan biaya pemulangan jenazah yang mencapai Rp98 juta.

Penulis : bbn/bul

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending