News

Zelensky Pecat Kepala Pengawal Pribadi Usai Terbongkar Plot Pembunuhan

 Senin, 13 Mei 2024, 12:12 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Zelensky Pecat Kepala Pengawal Pribadi Usai Terbongkar Plot Pembunuhan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat Kepala Dinas Garda Negara (UDO) Serhii Rud yang bertanggung jawab atas keamanan pribadinya.

Pemecatan itu diumumkan di situs kepresidenan. Namun, tidak dijelaskan lebih detail alasan pemecatan Kepala Dinas Garda Negara (UDO) Serhii Rud

Dikutip dari CNN, pemecatan itu dilakukan setelah dua karyawannya ditahan minggu ini karena dugaan rencana pembunuhan Zelensky.

Kejaksaan Agung Ukraina mengatakan dua kolonel di UDO itu melakukan "kegiatan subversif terhadap Ukraina dengan imbalan kompensasi finansial."

Kedua kolonel itu pun didakwa melakukan makar. Salah satunya juga dituduh mempersiapkan aksi teroris.

Dinas Keamanan Negara (SBU) Kyiv mengatakan pihaknya telah menggagalkan rencana untuk membunuh Zelensky dan pejabat senior Ukraina lainnya, termasuk kepala SBU, Vasyl Maliuk, dan kepala Intelijen Pertahanan Ukraina, Kyrylo Budanov.

Kantor kejaksaan mengatakan salah satu tersangka menerima dua drone dan amunisi dari dinas keamanan negara Rusia (FSB), yang akan mereka transfer ke kaki tangan lain untuk melakukan ledakan.

Zelensky dilaporkan telah menghadapi beberapa upaya pembunuhan sejak Rusia memulai invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022. (sumber: cnnindonesia.com)

Penulis : bbn/net

Editor : Juniar



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending