Opini

Waspada Dampak Bullying pada Kesehatan Mental Anak

 Sabtu, 13 Januari 2024, 07:40 WITA

beritabali/ist/Waspada Dampak Bullying pada Kesehatan Mental Anak.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Bullying atau perundungan di sekolah masih menjadi suatu fenomena yang kerap kali terjadi di lingkungan anak-anak dan remaja. Tindakan bullying sekecil apapun tidak bisa dibiarkan, karena akan berdampak pada kesehatan mental anak. 

Sebaiknya orang tua mengetahui dampak bullying pada kesehatan mental anak. Dampak bullying bisa menyebabkan anak menjadi tidak percaya diri, mengalami gangguan kecemasan, menarik diri dari segala kehidupan sosial hingga dapat memicu keinginan untuk bunuh diri.

Dampak Bullying pada Anak

Menjadi korban bullying dapat menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan bagi anak-anak dan remaja. Selain merasa tidak nyaman, anak juga lebih rentan mengalami stres dan depresi. Sayangnya masih banyak orang tua yang menganggap remeh hal ini, sehingga anak enggan bercerita tentang pengalamannya mengalami bullying, dan hal ini menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya gangguan kesehatan mental pada anak dan remaja.

Korban bullying biasanya mengalami masalah-masalah berikut: 

1. Kecemasan

Anak-anak dan remaja yang menjadi korban bullying seringkali mengalami gejala psikosomatis yang disebabkan oleh kecemasan karena merasa tertekan.

2. Gangguan Tidur 

Bullying dapat mempengaruhi pola tidur, biasanya korban bullying akan sulit tidur dan tidak bisa tidur nyenyak. Mereka sering terbangun di malam hari karena mimpi buruk.

3. Gangguan Makan

Bentuk bullying verbal maupun fisik paling banyak terjadi adalah orang yang dianggap terlalu gemuk atau terlalu kurus, sehingga pelaku menggoda dan terus mengolok-olok. Sehingga, membuat kondisi psikologis korban bullying terganggu dan menimbulkan trauma cukup besar pada anak. Kondisi ini dapat mendorong berkembangnya gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia di kemudian hari.


Halaman :





Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending