search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
9 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata, Salah Satunya Stop Merokok
Kamis, 23 Mei 2024, 11:21 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/9 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata, Salah Satunya Stop Merokok

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Mata adalah jendela dunia, karena itu penting untuk menjaganya agar selalu sehat. Simak sejumlah cara mudah menjaga kesehatan mata.

Ada banyak alasan kenapa Anda harus menjaga kesehatan mata, salah satunya karena sebagai indera penglihatan yang bisa melihat seluruh hal di dunia.

Dilansir dari WebMD, penglihatan bisa memburuk karena usia, polusi, stres, pola makan yang tidak sehat, dan hal sejenisnya.

Meskipun Anda tidak bisa benar-benar menghentikan penuaan pada mata, tetapi bisa memperlambatnya. Berikut merupakan cara mudah menjaga kesehatan mata.

1. Pemeriksaan mata secara rutin
Anda bisa mulai mengunjungi dokter mata minimal satu tahun sekali. Anda akan melakukan beberapa tes untuk menentukan seberapa kuat penglihatan Anda an seberapa sehat mata Anda.

Miopia telah menjadi penyakit yang umum terutama pada anak-anak. Menjadwalkan pemeriksaan pemeriksaan mata secara teratur adalah cara terbaik untuk memastikan keamanan dari miopia.

Pemeriksaan rutin juga dapat mencegah katarak, ablasi retina, dan glaukoma, yang semuanya merupakan kondisi mata yang sangat mengancam penglihatan.

2. Pola makan yang sehat
Pola makan yang sehat juga mengurangi peluang Anda menjadi gemuk atau tertular diabetes atau hipertensi, ini merupakan penyebab utama masalah mata.

Studi Penyakit Mata Terkait Usia (AREDS) menemukan bahwa nutrisi tertentu seperti tembaga, seng, Vitamin E, Vitamin C, dan beta karoten dapat mengurangi risiko penurunan kesehatan mata terkait usia.

3. Kontrol diabetes dan berat badan
Obesitas dan diabetes tipe II berhubungan erat dengan risiko tinggi masalah mata seperti glaukoma dan retinopati.

Menjaga berat badan ideal melalui olahraga teratur dan pola makan seimbang dapat membantu mencegah diabetes dan komplikasi mata yang terkait.

4. Berhenti merokok
Cara mudah menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah berhenti merokok.

Merokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru, tetapi juga mata. Merokok meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula terkait usia, glaukoma, dan sindrom mata kering.

5. Menggunakan kacamata hitam
Paparan sinar UV matahari dapat merusak mata dan menyebabkan degenerasi makula serta katarak.

Menggunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV saat berada di luar rumah adalah cara efektif untuk melindungi mata dari sinar berbahaya.

6. Istirahat dan latihan mata
Jika Anda sering bekerja di depan layar komputer, lakukan istirahat mata setiap 30 menit.

Alihkan pandangan dari layar dan tutup mata selama 15 detik, lalu buka dan kedipkan beberapa kali untuk melapisi mata dengan kelembapan.

Melakukan latihan mata sederhana dapat mengurangi ketegangan mata. Tatap objek yang jauh selama 15 detik, lalu alihkan pandangan ke objek yang lebih dekat selama 15 detik, ulangi gerakan ini beberapa kali.

Latihan ini membantu menjaga fleksibilitas mata dan mengurangi ketegangan pada mata.

7. Menggunakan pelindung mata
Cahaya biru dari layar ponsel atau komputer dapat merusak mata. Gunakan penutup anti silau pada layar atau kacamata anti silau untuk melindungi mata.

Selain itu, gunakan kacamata pelindung saat melakukan aktivitas yang berisiko bagi mata.

8. Sesuaikan pencahayaan
Pastikan pencahayaan di ruang kerja Anda tidak terlalu terang atau terlalu redup. Kecerahan yang tepat membantu mengurangi ketegangan mata.

Hindari duduk membelakangi jendela terbuka karena pantulan cahaya dari layar komputer bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

9. Jaga kesehatan mata
Menjaga kebersihan tangan sangat penting terutama jika Anda sering menyentuh mata atau menggunakan lensa kontak. Tidur yang cukup juga membantu menjaga kesehatan mata.

Kebersihan dan perawatan yang baik adalah kunci untuk mencegah infeksi dan iritasi mata.

Kesehatan mata juga berhubungan erat dengan usia. Seiring bertambahnya usia, risiko gangguan mata meningkat, sehingga pemeriksaan mata lebih sering dianjurkan.

Itulah berbagai cara mudah untuk menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat. (sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami