search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Nyepi, Ratusan Warga Blangsinga Dapat Sembako dan Uang Tunai
Selasa, 14 Maret 2023, 16:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jelang Nyepi, Ratusan Warga Blangsinga Dapat Sembako dan Uang Tunai.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Menjelang perayaan Nyepi pada 22 Maret 2023, Krama desa adat Blangsinga, Kecamatan Blahbatuh mendapat bantuan. Sebanyak 561 KK menerima sembako dari LPD Blangsinga dan uang tunai dari desa adat.

Bantuan itu dibagikan saat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) LPD Blangsinga Tahun Buku 2022. Paket sembako yang diberikan LPD senilai Rp 125 ribu berisi beras 5 kg, 2 liter minyak goreng, 5 bungkus mie instan.

Selain itu, dari desa adat memberikan setiap KK bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 200 ribu per KK. “Memberikan sembako merupakan keputusan LPD dengan pengawas (desa adat, red). Ini dilakukan menjelang hari raya Nyepi,” ujar Ketua LPD Blangsinga, I Made Karyada Selasa (14/3).

Karyada menambahkan, sembako dan BLT diberikan ke Krama saat LPJ. Dalam LPJ tahun buku 2022 terungkap, aset LPD Blangsinga sebesar Rp23,8 miliar dengan laba Rp511 juta. Adapun dana pembangunan ke desa adat sebesar Rp 102,3 juta. 

“Dana sudah kami berikan ke desa adat disaksikan Krama,” jelas dia.

Lebih lanjut dikatakan, jelang Nyepi, LPD juga memberikan dana kreativitas bagi 1 Sekaha Teruna sebesar Rp 1 juta. Tidak hanya itu, tiap piodalan di pura Kahyangan Tiga, memberikan bantuan babi. 

“Babi sebanyak 100 kilogram tetap disumbangkan oleh LPD tiap piodalan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, situasi LPD kini mulai tumbuh. Keuntungan mulai meningkat. “Blangsinga sebagian besar mata pencaharian ke pariwisata. Kalau jembatan kaca, tidak berdampak karena uang tidak ditempatkan di LPD. Untuk waterfall memang ada pengaruh,” jelasnya.

Selaku pengelola, harapan ke depan kepada masyarakat agar terus mendukung. “Minimal menabung di LPD. Lalu meminjam duit dan membayar kredit,” ujarnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami