search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lab PCR di RSUD Wangaya Denpasar Mulai Diujicoba
Senin, 16 November 2020, 23:10 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Lab PCR atau swab di RSUD Wangaya, Denpasar pada Senin (16/11/2020) mulai diuji coba. Pelaksanaan uji coba ini dilaksanakan selama seminggu hingga Senin (23/11) mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat diwawancarai, Senin (16/11/2020) siang. 

Uji coba ini dilaksanakan setelah dilakukan visitasi lanjutan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan dianggap layak. Alat untuk Lab PCR ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Bali dan Denpasar hanya mempersiapkan ruangan saja. Sedangkan untuk biaya setting ruangan yang menggunakan salah satu ruang lantai III di RSUD Wangaya sebesar Rp 150 juta.

“Alatnya dapat bantuan dari Provinsi Bali. Sedangkan untuk biaya setting ruangannya Rp 150 juta,” ujarnya. 

Untuk keamanan, sampel yang masuk diterima di ruangan cool box. “Dinas Kesehatan Provinsi sudah mengarahkan ke kami, agar jangan orang dari Puskesmas atau dari luar langsung bawa sampel ke ruang lab, agar jangan terkontaminasi nanti. Nanti petugas lab yang akan mengambil sampelnya di ruang bawah,” ucapnya.

Dalam sekali sesi atau shift diperlukan sebanyak 4 orang SDM mulai dari tenaga administrasi hingga analis. Dimana dalam satu shift ini bisa menguji hingga 90 sampel. Adapun waktu pengujian semua sampel itu selama 6 jam, sehingga jika pagi sample masuk, maka sore harinya hasilnya sudah keluar.

“Rentang waktunya sekitar 6 jam dari pengujian, membaca hasil pengujian sampai proses report,” katanya. 

Selain itu, untuk menambah shift, kini pihaknya tengah merekrut 4 orang tenaga sehingga dengan demikian dalam sehari bisa diterapkan sebanyak dua shift.

Dengan adanya Lab PCR ini, ia mengatakan proses pencegahan dan pemutusan penyebaran Covid-19 bisa berjalan lebih maksimal. Hal ini dikarenakan, selama ini yang menjadi kendala yakni waktu tunggu keluarnya hasil swab.

“Dengan adanya lab ini akan lebih mempercepat proses dan kami bisa melakukan penanganan Covid-19 lebih bagus. Karena durasi keluarnya hasil tes sangat memengaruhi penanganan Covid-19,” ujarnya.

Selama ini, untuk pengujian, sampel harus dikirim terlebih dahulu ke RSUP Sanglah, RSBM, RSPTN Unud, maupun ke Warmadewa. Dan hasilnya pun keluar setelah 3 hari proses pengujian bahkan lebih dikarenakan masih menunggu antrian.

Dengan adanya lab PCR di RSUD Wangaya ini, akan mempercepat proses keluarnya hasil yang otomatis juga akan mempercepat dan memperluas cakupan tracking jika terjadi kasus positif Covid-19.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami