Denpasar

STMIK Primakara Pilih Ketua BEM dengan E-Voting

Selasa, 26 November 2013 | 07:59 WITA

STMIK Primakara Pilih Ketua BEM dengan E-Voting

Beritabali.com/Ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Pemberian suara atau pilihan yang biasa disebut Voting telah menjadi salah satu metode untuk mengambil keputusan penting dalam kehidupan manusia.

Voting digunakan mulai dari tingkat masyarakat terkecil, yaitu keluarga, sampai dengan sebuah negara. Voting digunakan untuk menghimpun aspirasi dari seluruh elemen masyarakat, dan kemudian menemukan jalan keluar yang dianggap paling baik untuk menyelesaikan permasalahan.

Dalam lingkungan kampus yang juga menganut sistem demokrasi, voting digunakan untuk mengambil keputusan memilih Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sebuah organisasi kemahasiswaan di STMIK Primakara.

Namun voting yang dilakukan oleh para mahasiswa kali ini adalah menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau yang biasa disebut e-Voting. Penerapan pemilihan dengan e-Voting ini selain memberikan jaminan azas Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber) juga menimbulkan efisiensi dan efektifitas.

STMIK Primakara, kampus IT baru yang berlokasi di Jalan Tukad Badung Renon ini baru saja menggelar e-voting untuk pemilihan Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) untuk yang pertama kalinya. BEM yang merupakan organisasi kemahasiswaan yang dibentuk untuk melaksanakan peningkatan penalaran, minat dan bakat serta sosial kerohanian mahasiswa di kampus menjadi wadah untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dalam berorganisasi.

STMIK Primakara yang merupakan Technoprenership Campus ini untuk pertamakalinya mengadakan pemilihan Ketua BEM secara elektronik pada Senin 25 November 2013. Keluar sebagai pemenang adalah  Vivit Camelia W. (Prodi S1 Sistem Informasi) yang meraih 48,65% suara, diperingkat kedua Oscar Damero M. (Prodi S1 Sistem Informasi) dengan 31,08% suara dan diperingkat ketiga Putu Tantra (Prodi S1 Informatika) dengan 20,27% suara.

Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan I W. Diana Putra Adnyana, SE, Msi, Ak menyampaikan bahwa pemilihan Ketua BEM dengan e-Voting ini merupakan proses edukasi kepada mahasiswa tentang pemanfaatan TIK dalam bidang demokrasi. “e-Voting pemilihan Ketua BEM ini untuk edukasi ke mahasiswa bahwa demokrasi bisa diwujudkan dengan efektif dan efisien dengan dukungan TIK,”pungkasnya. (adv)


Selasa, 26 November 2013 | 07:59 WITA


TAGS: e-voting primakara




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: