amerika

Suami Isteri Temukan Koin Emas Bernilai US$ 10 Juta

Jumat, 28 Februari 2014 | 08:24 WITA

Suami Isteri Temukan Koin Emas Bernilai US$ 10 Juta

inilah.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Los Angeles. Pasangan suami isteri dari California Utara menemukan emas langka dalam delapan kaleng yang terkubur di lahan milik mereka. Mereka akan menyumbangkan sejumlah koin untuk amal.

John dan Mary menemukan koin emas senilai US$ 28.000 tahun lalu ketika berjalan-jalan di lahan mereka. Niat untuk menggali lubang melingkar-lingkar di otak mereka, dan akhirnya mereka menggali lubang di bawah tumpukan kayu, tempat ditemukannya 1.400 koin emas di dalam tas dan kotak yang tersimpan di dalam lemari es kuno. Mereka kemudian mengubur lagi emas-emas itu.

Pasangan ini berjalan-jalan menyusuri lahan emas mereka selama bertahun-tahun sebelum mereka menemukan kaleng berkarat yang tertutup lumut pada Februari lalu. Ketika tutup kaleng seng itu dibuka, mereka menemukan koin-koin yang terbalut kotoran, namun ada beberapa yang kondisinya lebih baik dari pada yang ada di museum.

“Saya tengok kanan-kiri, jangan-jangan ada orang yang memerhatikan kami – Saya bayangkan ada penunggang kuda. Saya tak bisa menjelaskan detail saat itu, pokoknya ini kejadian yang aneh,” ungkap John saat diwawancara Los Angeles Times, Rabu (26/2/2014).

Pasangan ini, yang menurut perusahaan kolektor uang kuno Kagin’s Inc, ogah nama asli mereka disebut-sebut, mungkin hingga empat dasa warsa mendatang ketika mereka berumur 80an, guyon Mary.

Tanah yang dijuluki “Saddle Ridge Hoard” milik John dan Mary itu mungkin tempat yang paling berharga yang pernah ditemukan di Amerika Utara. Karena dengan perkiraan emas yang mereka temukan itu setara US$ 10 juta (Rp 117 miliar).

Jika koin-koin emas itu dilumerkan, nilai intrinsiknya hanya US$ 2 juta, ujar David Hall, salah satu pendiri Professional Coin Grading Services di Newport Beach, California, yang baru-baru ini menilai keaslian koin-koin emas itu.

Koin-koin emas itu bertahun 1847 dan 1894, 13 koin di antaranya adalah yang terbaik di kelasnya. Salah satu koin “ajaib” keluaran 1866 berdenominasi US$ 20 bikinan San Francisco belum ada tulisan “In God We Trust” itu, bisa bernilai US$ 1 juta, ujar Hall.

Saat moto “In God We Trust” ditambahkan ke koin emas pada 1866, namun ada beberapa koin yang tak dibubuhi kalimat itu.

Jika pasangan John dan Mary menghilangkan kotoran yang menempel di koin-koin tesebut nilainya bakal turun sekitar US$ 7.000 hingga US$ 8.000 dalam semenit, ujar David McCarty, seorang ahli numismatik (uang kuno) di Kagin’s, yang menilai harta karun itu.

Temuan besar koin emas pernah terjadi di Jakson, Tennessee, pada 1985. Koin yang ditemukan hanya berdenominasi US$ 4.500 dan setelah terjual nilainya sekitar US$ 1 juta.[bbn/inilah]


Jumat, 28 Februari 2014 | 08:24 WITA


TAGS: koin emas




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: