tabanan

Longsor di Karyasari Pupuan, Akses Jalan Tertutup

Minggu, 16 November 2014 | 21:43 WITA

Longsor di Karyasari Pupuan, Akses Jalan Tertutup

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com,Tabanan. Sebuah rumah semi permanen di Banjar Karyasari, Desa Karyasari, Kecamatan Pupuan tergerus longsor, Minggu sore (16/11). Selain merobohkan bagian teras rumah  milik kelurga almarhum I Ketut Kardana, longsor tersebut juga   menutup akses jalan menuju  Desa Asah Tegeh dan Desa Wanagiri.

Menurut keterangan Ketut Putrasana, warga Desa Asah Tegeh  kejadian longsor tersebut terjadi sekitar pukul 14.00, saat hujan deras. Dijelaskanya, rumah semi permanen yang dihuni istri almarhum I Ketut Kardana dan seorang anaknya itu tiba-tiba tergerus longsor.

Akibatnya bagian barat rumah dan teras rumah yang berada di tengah sawah dan pingir jalan itu  tergerus longsor. 
“Beruntung penghuni rumah sedang tidak ada di rumah karena  bekerja di luar ,” jelasnya. 

Warga yang melihat kejadian itu langsung memberikan pertolongan secara bergotong royong. Tidak saja rumah yang tergerus, akibat longsor itu jalan yang menghubungkan Karya Sari menuju  Asah Tegeh dan Wanagiri juga tertutup longsor. 

“Sepanjang 20 meter akses jalan menuju Desa Asah Tegeh, tertutup tanah longsor,” jelasnya.

Tanah setinggi 2 meter dan sepanjang 20 meter yang menutupi akses jalan berusaha dibersihkan oleh warga Desa Asah Tegeh. 
“Kami  bergotong royong membersihkan jalan dari timbunan tanah longsor,” jelasnya. Aksi ratusan warga tersebut, kini tanah berhasil dibersihkan dan akses jalan baru bisa dimasuki kendaraan roda dua.

I Gusti Nyoman Omardani  yang juga anggota DPRD dari Fraksi PDIP asal Pupuan, membenarkan kejadian tanah longsor di Desa Karyasari, Pupuan. Dikatakanya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja satu rumah tergerus longsor dan akses jalan menuju asah tegeh sempat tertutup akibat timbunan tanah longsor.

”Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja akses jalan sempat tertutup mejunu Desa Asah Tegeh. Namun beberapa jam kemudian sudah bisa dilalui kendaraan roda dua karena upaya dari masyarakat yang bergotong royong membersihkan tanah longsor,” jelasnya.[nod]


Minggu, 16 November 2014 | 21:43 WITA


TAGS: longsor



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: