Wabup Sanjaya Hadiri Persembahyangan di Pura Teratai Bang

Minggu, 17 Mei 2015 | 23:55 WITA

Wabup Sanjaya Hadiri Persembahyangan di Pura Teratai Bang

Humas Tabanan

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Tabanan. Bertepatan dengan Redite Umanis Ukir Minggu (17/5/2015), Wakil Bupati Tabanan menghadiri persembahyangan di Pura Teratai Bang, Kecamatan Baturiti, Tabanan.
 
Pujawali yang jatuh setiap 6 bulan sekali tepatnya pada Tumpek Landep di pura Dang Khayangan tersebut diharapkan kerahayuan jagat Tabanan dan Bali pada umumnya dapat terwujud. 
 
Hadir pula pada persembahyangan tersebut anggota DPRD Tabanan I Nyoman Suta, Camat Baturiti, Tos Partha beserta istri dan SKPD di Lingkungan Pemkab Tabanan. 
 
Pujawali di Pura Teratai Bang ini merupakan piodalan yang rutin digelar setiap 6 bulan sekali. Pemedek dari seluruh Bali pun membanjiri persembahyangan yang nyejer selama 4 hari, dan berakhir (nyineb) pada Selasa (19/5/2015). 
 
Bendesa Adat Wayan Puja Umbara mengatakan, setiap pujawali berlangsung selalu dibanjiri para pemedek. Pemedek tidak hanya berasal dari Tabanan namun juga dari Kabupaten/ kota lain di Bali. 
 
Pura yang juga mapaice tamba ini di banjiri para pemedek yang ingin bersembahyang dan nunas tamba, penyakit seperti gatal-gatal pada kulit bisa dioleskan dengan tirta dari belerang ini. 
 
Tirta yang berasal dari air belerang diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit, sehingga beramai-ramai pemedek nunas tirta untuk di bawa pulang. 
 
“Pemedek yang nangkil ke pura ini harus melalui tiga tahapan persembahyangan yaitu kebeji, Ratu Lingsir dan yang terakhir di Gedong ," ungkapnya.
 
Wabup Sanjaya berharap melalui persembahyangan bersama ini kerahayuan Jagat Tabanan dan Bali pada umumnya dapat terwujud. Pihaknya selalu mengingatkan kepada semua SKPD untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi, sehingga permasalahan yang ada dapat dipecahkan bersama. 
 
"Saya tekankan kepada semua pihak untuk selalu meningkatkan kebersamaan dengan mengedepankan komunikasi dan koordinasi, sehingga apa yang menjadi visi Tabanan sejahtera, aman dan berprestasi dapat terwujud," paparnya. (Humas/Adv)


Minggu, 17 Mei 2015 | 23:55 WITA


TAGS: tabanan




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: