Celengan Anom Dipecah Usai Upacara HUT Kota Tabanan

Senin, 30 November 2015 | 15:20 WITA

Celengan Anom Dipecah Usai Upacara HUT Kota Tabanan

Humas Tabanan

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Tabanan. Di Pesta Rakyat, Sejumlah Kepala SKPD Jadi Pemain Sendratari Opera Pan Bali.

Ada yang spesial dalam upacara peringatan HUT Kota Tabanan Ke-522 di Lapangan Debes, Senin pagi (30/11).

Upacara yang juga dirangkaikan dengan peringatan HUT Korpri, PGRI, dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) itu diisi dengan acara tambahan yakni pemecahan celengan Anom (Atas Nama Orang Miskin) milik seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Bukan hanya SKPD, beberapa instansi lainnya yang mengetahui adanya program celengan Anom di Pemkab Tabanan juga ikut memecahkannya dalam upacara tersebut. Salah satunya Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali.

Acara tambahan itu juga disaksikan Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Wakil Ketua DPRD Tabanan I Wayan Gindera, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kabupaten Tabanan.

Tak tanggung-tanggung, nilai uang yang terkumpul secara keseluruhan menembus Rp 51.895.000 dengan besaran nilai di masing-masing SKPD bervariasi. Mulai dari Rp 300 ribu sampai dengan Rp 4 jutaan. Bentuknya juga ada yang dari recehan sampai dengan uang seratus ribuan.

Celengan itu sudah mulai diisi sejak program celengan Anom ini mulai dilaksanakan beberapa bulan lalu. Sesuai dengan instruksi Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada di masa-masa awal bertugas di Tabanan. Nantinya, uang yang terkumpul dari celengan tersebut akan disalurkan dalam bentuk bantuan bagi warga miskin.

Pemecahan celengan Anom ini diawali oleh Penjabat Bupati Wayan Sugiada usai bertindak sebagai pembina upacara. Disusul kemudian dengan pimpinan SKPD lainnya.

Pemecahan celengan ini membuat Penjabat Bupati Sugiada sumringah. Karena semua SKPD kompak menyediakan celengan Anom. Apalagi beberapa SKPD nilai uang di celengannya ada yang mencapai jutaan rupiah.

“Saya berterima kasih sekali. Berapapun nilainya tidak masalah. Yang penting keikhlasannya,” ujarnya kepada beberapa staf dari salah satu SKPD yang sedang menghitung jumlah uang yang ditabungnya.

Sementara saat upacara, Gubernur Bali dalam sambutan yang dibacakan Penjabat Bupati Wayan Sugiada menyebutkan HUT Korpri, PGRI, dan HKN di Tabanan di tahun ini terasa sangat istimewa. Karena, pelaksanaannya hampir bertepatan dengan peringatan HUT Kota Tabanan Ke-522.

“Melalui momentum yang baik ini, semua komponen masyarakat khususnya PGRI dan jajaran Kesehatan saya harapkan bisa meningkatkan profesionalismenya serta tetap menjaga netralitas menghadapi pelaksanaan pilkada . Sehingga situasi Tabanan tetap aman dan kondusif,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur Bali juga menyampaikan apresiasinya dengan peringatan HUT Kota Tabanan yang kali ini mengambil tema Tat Twam Asi. Baginya, ini merupakan usaha Pemkab Tabanan untuk melestarikan budaya dan menjaga toleransi.

“Saya atas nama Pemprov Bali sangat mengapresiasi peringatan HUT Kota Tabanan Ke-522 tahun 2015 ini,” tandasnya.

Selain upacara, puncak peringatan HUT Kota Tabanan juga berlanjut pada malam hari di Lapangan Alit Saputra dengan Pesta Rakyat. Di samping beberapa kegiatan lainnya yang telah berlangsung sejak beberapa hari sebelumnya.

Pesta rakyat sendiri merupakan acara puncak dalam setiap peringatan HUT Kota Tabanan. Demikian halnya dalam peringatan tahun ini. Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan hiburan di antaranya pertunjukan musik Widi Widiana dan Punk Kwala Band.

Selain itu, ada juga pembacaan puisi oleh para penyair dari lima benua peserta Tabanan Poetry International Festival 2015, pementasan sejumlah band, serta pengumuman pemenang lomba-lomba selama peringatan HUT Kota Tabanan Ke-522.

Serta suguhan menarik lainnya juga dipersembahkan dalam bentuk sendratari dengan judul “Opera Pan Bali” yang para pemainnya dicomot dari beberapa pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan. (Humas Tabanan)


Senin, 30 November 2015 | 15:20 WITA


TAGS: tabanan




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: