Menjajal Jaja Timus di Warung Ibu Putu Mambal

Selasa, 05 April 2016 | 04:05 WITA

Menjajal Jaja Timus di Warung Ibu Putu Mambal

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Mambal. Jaja Bali atau yang lebih dikenal dengan istilah jajanan pasar adalah panganan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan orang Bali. Panganan ini wajib disajikan pada acara yang bersifat formal (adat) maupun pada acara non formal, dan biasanya  disajikan sebagai peneman minuman baik kopi maupun teh. 
 
Untuk liputan  diawal bulan ini, Go Gonk Kuliner Adventure mengajak pembaca menjajal warung Jaja Bali di Desa  Mambal Badung, daerah yang dikenal memiliki segudang kuliner khas Bali.
 
Warung ini beralamat di Br Gumasih, Mambal, Badung. Warung berdiri sejak tahun 2011 , dikelola oleh Ibu Putu Sumiasih, yang oleh pelanggannya di panggil akrab dengan Ibu Putu. 
 
Warung ini sebenarnya lebih menyerupai los  dan tempat nongkrong yang nyaman, properti warung ini amat sederhana  terdiri atas beberapa dampar ( kursi panjang ), taban ( balai segi empat ) dan meja berukuran 1 x 2 meter, dimana  panganan yang terdiri atas pisang rai, bubuh sumsum , jaja injin, jaja ketan waluh dan timus ditata. 
 
"Saya sangat bangga masih bisa melestarikan resep Jaja Bali warisan leluhur kami, khususnya jaja timus yang sekarang semakin jarang dimasak," kata Ibu Putu. 
 
Timus adalah panganan yang berbahan dasar singkong parut halus dan dibungkus daun pisang, sebagai isiannya diberi gula Bali.
 
" Teksturnya yang kenyal ditambah Gula Bali yang lumer dimulut adalah sensasi yang unik, " kata Ibu Putu, sambil melayani pesanan pembeli yang datang silih berganti. 
 
Semua panganan yang dijual di warung ini dimasak oleh Ibu Putu dibantu oleh keluarganya dengan kayu bakar, bahkan Gula Bali  untuk gula sereretnya (topping) mesti  didatangkan dari Singaraja. 
 
Tergugah untuk mencobanya?  Segera kunjungi  warung ini, warung ini buka dari jam 12 siang sampai jam 4 sore. Harga per porsi ( subjek berubah ) hanya Rp 3k (3 ribu). 
 
Rekomendasi Go Gonk Kuliner Adventure : La Gidonk Level 3 atas pertimbangan presentasi makanan, atmosfer tempat, dan hiburan. Tetap cintai kuliner tradisional Bali ![bbn/gogonk]


Selasa, 05 April 2016 | 04:05 WITA


TAGS: jajanan bali




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1406