Siswa SLB dan Guru di Jimbaran Mendapat Pelatihan Tenun

Kamis, 14 April 2016 | 10:05 WITA

Siswa SLB dan Guru di Jimbaran Mendapat Pelatihan Tenun

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Jimbaran. Sejumlah Siswa SLB dan Guru di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, mendapat pelatihan membuat kain tenun. Pelatihan bertujuan untuk menghidupkan dan melestarikan lagi kain tenun di Jimbaran, yang saat ini sudah tidak ditemukan lagi.
 
Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama Jimbaran Hijau, Four Seasons, dan SLB B Jimbaran. Pelatihan diberikan selama 3 bulan kepada siswa kelas 2 SMA dan juga guru.
 
Kerjasama pelatihan tenun untuk siswa SLB dan guru ini ditandatangani dalam sebuah kesepakatan kerjasama yang dihadiri Direktur HR Four Seasons Resort Bali, Ida Bagus Narayana Manuaba, Ketua CSR Jimbaran Hijau, Ni Putu Suartini, dan Kepala sekolah SLB B PTN Jimbaran, Dra. Made Murdani, M.Pd, di Jimbaran (12/4/2016).
 
Putu Suartini menyatakan, kerjasama ini sebagai wujud pelestarian budaya khususnya di Jimbaran, dimana Jimbaran Hijau dan Four Seasons ingin memberikan kesempatan baru untuk anak-anak SLB B Jimbaran menggali seni yang sudah tidak ditemukan lagi di badung yaitu tenun. 
 
"Kami berharap dengan diberinya pembekalan melalui pelatihan tenun untuk Guru dan siswa, mereka dapat mengajarkan dan mengembangkan potensi dan kreativitas, kemudian meneruskan untuk angkatan-angkatan berikutnya,"ujar Putu, di Denpasar (14/4/2016). 
 
Putu Suartini menambahkan, selain pelatihan, pihaknya juga akan menyediakan ruang untuk mempresentasikan hasil karya tenun dalam aktivitas-aktivitas yang diadakan di Jimbaran, Kuta Selatan, dan wilayah cakupan yang lebih luas. 
 
"Pelatihan tenun akan berlangsung 3 bulan di pengrajin tenun Blahbatuh Gianyar. Kita akan siapkan 2 mesin atau alat tenun serta bahan untuk produksi awal. Pelatihan dilakukan 3 kali seminggu,"ujarnya. [bbn/rls]


Kamis, 14 April 2016 | 10:05 WITA


TAGS: pelatihan tenun jimbaran



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI 2018-2023
    • I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta
    • Total responden sampai saat ini: 811