Menjelang Lebaran, Bupati Suwirta Sidak Pasar Galiran

Sabtu, 28 Mei 2016 | 08:00 WITA

Menjelang Lebaran, Bupati Suwirta Sidak Pasar Galiran

bbn/hmsklk

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Klungkung. Guna mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok (sembako) yang signifikan dan kecurangan para pedagang yang menyetok bahan pokok di pasar menjelang hari raya lebaran, Bupati Suwirta menggelar sidak pasar didampingi Kadiskoperindag Kabupaten Klungkung Gede Kusumajaya, Kabag Perekonomian Kabupaten Klungkung I Ketut Sukla, Ka.UPT Pasar Komang Widyasa Putra di Pasar Galiran, Jumat (27/5/2016).
 
Ketut Sukla yang juga selaku Tim Pengendali Infasi Daerah (TPID) Menjelaskan dilaksanakannya sidak pasar merupakan kegiatan rutinitas menjelang hari raya.

Pihaknya juga menjelaskan sidak pasar ini wajib dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana perubahan harga  menjelang hari raya, sehingga nantinya setelah mengetahui harga pasar dan apabila harga bahan pokok mengalami kenaikan yang signifikan pihaknya bisa mengambil langkah-langkah antisipasi seperti misalnya mengadakan operasi pasar murah untuk mengantisipasi terjadinya inflasi.

Terkait dengan terjadinya pelangaran-pelanggaran kenaikan harga yang tidak sesuai dengan yang ditetepkan oleh permerintah, pihaknya menjelaskan hanya bisa mengantisipasi saja “Kita Hanya bisa mengambil langkah-langkah antisipasi dan melaksanakan operasi pasar dan kewenangan kita hanya memonitor perkembangan harga” imbuh Ketut Sukla.
 
Disela-sela memonitor pasar galiran, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menyampaikan memonitor pasar ini terkait dengan menyambut hari raya lebaran.

Bupati asal Ceningan ini akan terus melakukan monitor kepasar  dan pihaknya akan melakukan monitor lebih luas lagi guna melihat gudang-gudang yang ada di Kabupaten Klungkung yang dipergunakan oleh pedagang untuk menyetok kebutuhan bahan pokok.

Hal ini dilaksanakan untuk mengantisipasi masyarakat atau pedagang yang memanfaatkan situasi ini untuk menimbun stok sehingga nanti pada saat mengalami kelangkaan kebutuhan bahan pokok dikeluarkan dengan harga tinggi.
 
Salah satu pedagang sembako yang berjualan di pasar galiran Ni Nyoman Budiani mengatakan sangat merespon dengan baik sidak yang dilakukan oleh pemerintah dan diharapkan menjelang hari raya lebaran ini agar tidak terjadi kenaiakan harga bahan pokok yang melonjak yang nantinya bisa menyulitkan pedagang untuk menjual bahan pokok.(Hmsklk/ast).


Sabtu, 28 Mei 2016 | 08:00 WITA


TAGS: humas klungkung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: