Bupati Eka Buka PKB Kabupaten Tabanan Ke-38

Sabtu, 04 Juni 2016 | 23:05 WITA

Bupati Eka Buka PKB Kabupaten Tabanan Ke-38

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan tema Pesta Kesenian Bali (PKB) tingkat kabupaten Ke-38 yakni “Karang Awak” sebagai motivasi serta spirit untuk mencintai daerah dan tanah kelahiran.
 
Hal itu disampaikannya saat membuka secara resmi kegiatan PKB Kabupaten Tabanan Ke-38 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Sabtu (4/6). Menurutnya, PKB kali ini mengangkat tema “Karang Awak” yang memiliki arti mencintai tanah kelahiran. Karena itu, selain mengajak masyarakat, Bupati Eka juga menekankan hal itu kepada para seniman yang akan berpartisipasi pada kegiatan PKB, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.
 
“Filosofi tema tersebut hendaknya menjadi ilham bagi substansi kesenian yang akan ditampilkan pada event PKB, baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Sehingga makna kesenian yang tampil dapat selaras dengan makna tema yang dicanangkan,” jelasnya.
 
Dikatakan, PKB yang rutin digelar setiap tahun merupakan wahana dan media untuk melakukan evaluasi dan introspeksi bagi insan budaya dan kesenian. Terutama dalam upayanya melestarikan warisan budaya dan seni adiluhung. “Dan, menciptakan kreasi dan inovasi baru dalam memperkaya khasanah budaya dan seni daerah yang kita cintai ini,” ujar Bupati Eka.
 
Karena itu, dalam kesempatan yang sama, Bupati Eka juga menyampaikan apresiasinya kepada para anak muda Tabanan yang terlibat dan berpartisipasi langsung dalam kegiatan PKB kali ini.
 
“Ini menunjukkan tekad yang kuat untuk mengapresiasikan diri dan bertanggung jawab atas kelestarian budaya kita. Anak-anak muda Tabanan sudah mulai menyadari bahwa budaya itu merupakan aset yang patut untuk dibanggakan,” tegasnya.
 
Sebelumnya, dalam laporan panitia yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tabanan I Wayan Adnyana menjelaskan PKB tingkat kabupaten kali ini menampilkan sebelas parade, delapan perlombaan, dua pagelaran, dan satu pameran.
 
“Selain untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya, PKB kali ini kami harapkan bisa menumbuhkan rasa sesanti di antara kita, menyama baya, amurwa mitra laksana, sebriyuk sepanggul. Sehingga bisa menunaikan tugas sebagai abdi dan bagian dari masyarakat,” ujar Adnyana.
 
Lebih lanjut dikatakan, PKB tingkat kabupaten merupakan kegiatan para atau awal dari pelaksanaan PKB tingkat provinsi. Sehingga momen PKB tingkat kabupaten merupakan ajang persiapan bagi duta-duta kesenian dan kebudayaan Kabupaten Tabanan yang akan tampil di PKB tingkat provinsi.
 
Sejak berlangsung pada Kamis (3/6) lalu, PKB dimeriahkan juga dengan pameran kerajinan dan kuliner. Keberadaan stan pameran tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi dan UMKM. [bbn/humastabanan/psk]


Sabtu, 04 Juni 2016 | 23:05 WITA


TAGS: pkb tabanan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: