Masuk Nominasi Adipura, PAS Tekankan Partisipasi Masyarakat

Selasa, 21 Juni 2016 | 07:05 WITA

Masuk Nominasi Adipura, PAS Tekankan Partisipasi Masyarakat

bbn/pande wismaya

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Setelah sebelumnya masuk dalam nominasi peraih Nirwasita Award Tahun 2016, kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng kembali masuk nominasi sebagai peraih adipura tahun 2016. Dengan masuknya Buleleng dalam nominasi tersebut, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana,ST melakukan presentasi di Tambora Room Hotel Sultan Jakarta, Senin (20/6).
 
Pada kesempatan ini, Bupati yang akrab disapa PAS melakukan presentasi dihadapan tim penilai yang terdiri dari Dewan Pertimbangan Adipura (DPA) dan para pakar. Tim ini diketuai oleh Ir. Sarwono Kusumaatmaja.
 
Dalam presentasi yang berlangsung dalam suasana hangat, Bupati yang dikenal merakyat ini memaparkan berbagai potensi alam yang dimiliki oleh Kabupaten Buleleng. Selain itu, dijelaskan pula upaya pelestarian dan penyelamatan lingkungan yang dilakukan Pemkab Buleleng secara terstruktur dan terperinci. Upaya tersebut antara lain konservasi dan pemberdayaan masyarakat. 
 
"Kita telah berdayakan masyarakat secara berkesinambungan untuk menjaga dan memelihara alam Buleleng. Terbukti kita telah menerima penghargaan di bidang konservasi kelautan yang dilakukan oleh masyarakat," ungkap Bupati PAS saat presentasi.
 
Ditemui usai presentasi, Bupati murah senyum ini kembali menegaskan betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga dan memelihara lingkungan. Menurutnya, upaya-upaya konservasi dan penataan lingkungan harus melibatkan masyarakat. Tidak mungkin pemerintah membangun hal-hal tentang penataan lingkungan sendiri. 
 
"Kita mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan. Itu menjadi penekanan dalam paparan materi yang saya sampaikan untuk presentasi Adipura ini," katanya.
 
Pihaknya juga berharap lewat kebersamaan pemerintah dan masyarakat dapat terus menjaga alam Buleleng khususnya daerah pesisir. Pemkab Buleleng terus memberikan ruang kepada masyarakat. Walaupun nantinya investasi datang ke Buleleng, masyarakat dan pemerintah harus tetap menjaga alam. 
 
"Ya kita harus tetap jaga ruang dan alam kita. Agar pembangunan berkelanjutan tidak hanya dalam wacana namun juga diimplementasikan pada sisi pemantapan ruang. Saya juga berharap kita bisa meraih adipura tahun ini," pungkasnya.[bbn/pan/psk] 


Selasa, 21 Juni 2016 | 07:05 WITA


TAGS: buleleng adipura




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: