Berita Pemkot Denpasar

Pemkot Denpasar Siap Kembangkan Smart City Nusantara

Jumat, 24 Juni 2016 | 01:05 WITA

Pemkot Denpasar Siap Kembangkan Smart City Nusantara

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Smart City merupakan solusi berbasis teknologi digital yang mampu membuat tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, yang membuat lingkungan masyarakat menyenangkan, aman, dan nyaman sehingga membuat daerah tersebut berkembang secara berkesinambungan.  
 
Smart City Nusantara yang dibuat oleh Telkom Indonesia ditujukan kepada Pemerintah Daerah, dimana Pemerintah Daerah dapat mengembangkan serta mengimplementasikan konsep smart city secara baik dan benar namun tidak meninggalkan ciri khas daerah atau kearifan lokal dan budaya setempat.  
 
Demikian disampaikan GM Telkom Witel Denpasar, I Gusti Bagus Ranuh didampingi GM Local Government Serurces DGS, Yanto Setiawan, saat melakukan audiensi dengan Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Kamis (23/6) di Denpasar.
 
Lebih lanjut Bagus Ranuh mengatakan berbagai permasalahan yang ada dalam tata kelola suatu kota seperti kemacetan, limbah, kriminalitas, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan yang memungkinkan turunnya kualitas kesejahteraan masyarakat. 
 
Oleh karena itu, Smart City Nusantara sebagai solusi dari Telkom Indonesia hadir untuk menciptakan kota yang cerdas. Selain itu manfaat yang bisa dirasakan dari Smart City Nusantara ini diantaranya, meningkatkan kepercayaan publik, mempercepat respon terhadap aspirasi masyarakat, mengakomodasi potensi dan kearifan lokal, dan mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntable, dan profesional. Dalam Smart City Nusantara ada tiga komponen penting yakni, Smart Connectivity, Smart Solution, dan Smart User. 
 
Smart Connectivity adalah infrastruktur dasar smart city yang menghubungkan pemerintah pusat dengan unit-unit dibawahnya seperti SKPD, Kecamatan, Kelurahan/Desa, puskesmas, dan instansi terkait lainnya. Kemudian pada Smart Solution terdapat tujuh item didalamnya yakni Smart Government, Smart Environment, Smart Healt Care, Smart Transportation, Smart Education, Smart Security, dan Smart Citizen. Selanjutnya pada, Smart User adalah sebuah layanan yang diberikan Pemerintah Daerah kepada warga masyarakat baik yang bersifat personal, publik, maupun institusi/komunitas.
 
Sementara Walikota, I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadis Kominfo Kota Denpasar, Dewa Made Agung dan Kasubag Pemberitaan Humas Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, menyambut baik program Smart City Nusantara ini. Menurut Rai Mantra dalam mengelola problematika Kota, kemajuan teknologi informasi harus terus dikembangkan, karena dengan memanfaatkan teknologi disamping dapat mempercepat pelayanan juga untuk transparansi. 
 
Lebih lanjut Rai Mantra mencontohkan, dalam jajaran pemerintahan pendekatan Smart City dengan memanfaatkan TIK dalam meningkatkan koordinasi dan komunikasi dari tingkat kepala dusun/kaling, hingga ditingkat SKPD Pemkot Denpasar. Aplikasi android menjadi salah satu media dalam percepatan koordinasi yang menyentuh berbagai laporan dari masyarakat. 
 
Pro Denpasar Plus sudah menjadi media populer masyarakat Denpasar dalam menyampaikan kritik, saran dan berbagai keluhan yang dihadapi di Kota Denpasar dalam satu genggaman melalui hanphone android dari masalah infrastrukutr, kebersihan, dan kesehatan. Dalam tataran kesehatan program Smart City lewat pendekatan rujukan online dari tingkat puskesmas menuju rujukan RSUD. Wangaya. Dibidang pendidikan langkah Smart City telah mencakup pada raport online, absensi wajah, rumah pintar, hingga taman digital. Bidang lalulintas lewat pemantauan kepadatan arus lalintas dengan program ATCS serta pada bidang kebersihan dengan keterlibatan bank-bank sampah disetiap desa/kelurah yang telah memberikan pelayanan online. [bbn/humas Dps/psk]


Jumat, 24 Juni 2016 | 01:05 WITA


TAGS: smart city denpasar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: