Tabanan Tingkatkan Akses Warga Pinggiran Terhadap Fasilitas Air Minum dan Sanitasi

Sabtu, 25 Juni 2016 | 05:05 WITA

Tabanan Tingkatkan Akses Warga Pinggiran Terhadap Fasilitas Air Minum dan Sanitasi

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan dan pinggiran kota terhadap  fasilitas air minum dan sanitasi berbasis masyarakat merupakan  tanggung  jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Sosialisasi melanjutkan program Pamsimas khusus desa-desa di Kabupaten Tabanan, dilaksanakan  Jumat (24/6) di Kantor Bupati setempat.
 
Hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa, Kepala Satuan kerja pengembangan sistem penyediaan air minum Bali Ida Bagus Lanang Suardana, Kepala Dinas PU Gst Ngurah Anom Anthara serta para SKPD terkait Pemerintah Kabupaten Tabanan.
 
Kepala Bappeda Ida Bagus Wiratmaja melaporkan  program Pamsimas III ini dilaksanakan khusus untuk Desa-desa di Kabupaten  Tabanan untuk mendukung dua agenda nasional meliputi peningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan meliputi air bersih untuk rakyat dan sanitasi total berbasis masyarakat. 
 
“Kabupaten Tabanan termasuk dalam program Pamsimas II di tahun 2014 dimana Kabupaten Tabanan sebagai satu – satunya kabupaten di Bali yang mendapat program Pamsimas,” terang Wiratmaja.
 
Dirinya menambahkan program Pamsimas merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga masyarakat yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi di wilayah perdesaan secara berkelanjutan melalui pendekatan pembangunan berbasis masyarakat. 
 
“Dengan adanya sosialisasi  diharapkan adanya koordinasi, peran serta aktif masyarakat, desa, camat dan SKPD terkait untuk menyukseskan program Pamsimas III di Kabupaten Tabanan,” jelasnya.
 
Sekda Tabanan selaku ketua Pokja Sanitasi Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa mengatakan untuk memenuhi kebutuhan akan penyediaan air bersih, Pemerintah pusat telah meluncurkan program Pamsimas yaitu program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang merupakan program untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat. 
 
“ Dalam Pamsimas II tahun 2014  sebanyak 10 Desa  terfasilitasi dan di tahun 2015 sebanyak 10 Desa sehingga sudah 20 Desa di Tabanan sudah mendapat program Pamsimas,” jelasnya.
 
Wirna Ariwangsa menambahkan program pamsimas III dilaksanakan dengan proses pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan prakarsa, inisiatif dan partisipasi aktif masyarakat  dalam merencanakan, menyiapkan , mengoperasi dan memelihara sarana yang telah dibangun untuk peningkatan derajat kesehatan di masyarakat. 
 
“ Peran serta masyarakat dan berpatisipasi aktif dalam program ini nantinya dapat meningkatkan ketersediaan air bersih untuk masyarakat dalam mewujudkan Tabanan yang SERASI,”terangnya. [bbn/humastabanan/psk]


Sabtu, 25 Juni 2016 | 05:05 WITA


TAGS: tabanan ari bersih



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1595