Akhirnya Tahun Ini Tabanan Boyong Adipura Buana

Senin, 25 Juli 2016 | 05:05 WITA

Akhirnya Tahun Ini Tabanan Boyong Adipura Buana

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Upaya keras disertai kegigihan untuk terus berbenah membuat target Pemkab Tabanan guna meraih penghargaan Adipura akhirnya tercapai. Di tahun ini, Kabupaten Tabanan berhasil memboyong penghargaan Adipura Buana atau kategori kota yang mampu membuat wilayahnya liveable atau layak huni setelah beberapa kali kesempatan gagal diraih.
 
Pada Minggu (24/7), Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima penghargaan tersebut dari Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa. Sebelumnya, penghargaan itu diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla di halaman depan istana Sultan Siak Sri Indrapura, Siak, Riau pada Jumat (22/7). 
 
Bupati Eka Wiryastuti menyambut penghargaan tersebut dengan rasa syukur dan bangga. Selain itu, dia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak, khususnya dukungan
masyarakat Tabanan, sehingga penghargaan itu akhirnya sukses diraih. 
 
"Saya juga sampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dukungan semua pihak, seluruh SKPD di jajaran Pemkab Tabanan, serta yang paling utama dukungan masyarakat sehingga tropi di bidang lingkungan yang menjadi kebanggaan ini kembali diterima masyarakat Tabanan," ujar Bupati Eka.
 
Dia mengatakan, keberhasilan membawa Adipura ke Tabanan, sambungnya, tidak terlepas dari komitmen untuk selalu berbenah serta memperbaiki diri. Sehingga dengan bertambahnya prestasi yang berhasil diraih Tabanan menandakan bahwa komitmen untuk terus berbenah pasti akan membuahkan hasil.
 
"Tanpa evaluasi diri dan selalu belajar dari kegagalan tentu yang namanya prestasi akan sulit untuk diraih," ujarnya.
 
Bupati Eka juga berkomitmen agar tropi Adipura bisa diraih kembali di tahun-tahun berikutnya. Karena itu, dia mengingatkan agar keberhasilan meraih Adipura jangan sampai memunculkan sikap cepat puas. Sebab, sambungnya, masih banyak PR atau pekerjaan rumah bagi Pemkab Tabanan yang perlu dikerjakan dengan baik.
 
Dia juga mengajak masyarakat Tabanan agar selalu menjaga kelestarian alam dan lingkungan. "Dengan berada di lingkungan yang bersih kita berharap akan lahir pemikiran-pemikiran yang jernih untuk melanjutkan pembangunan serta mewujudkan Tabanan Serasi," ungkapnya. 
 
Sementara itu, dalam proses penyerahan penghargaan Adipura yang dihadiri Sekda Wirna Ariwangsa di dampingi  Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan AA Raka Icwara serta Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan I Wayan Sugatra, Wakil Presiden Jusuf Kalla berpesan kepada seluruh penerima penghargaan untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Menurutnya, kebijakan pemerintah dalam lingkungan hidup harus dilaksanakan sebaik-baiknya dan berkelanjutan.
 
Ditambahkan, menjaga kelestarian lingkungan bukan hal yang mudah. Untuk memulihkan lingkungan yang sudah rusak memerlukan biaya yang tidak sedikit.  
 
Karena itu, Wakil Presiden memberi apresiasi kepada daerah-daerah yang berkomitmen menjaga kelestarian lingkungannya. Dan, dia juga berharap kota maupun kabupaten yang berhasil menerima anugerah Adipura terus meningkatkan dan mewujudkan wilayahnya yang bersih, nyaman, dan rindang.
 
Di lain pihak, dia juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung suasana kota yang bersih, nyaman, dan rindang sebagai budaya yang dicerminkan dalam perilaku sehari-hari. Demi keberpihakan kepada lingkungan hidup.[bbn/rls/psk]


Senin, 25 Juli 2016 | 05:05 WITA


TAGS: adipura tabanan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: