Soal Galian C Ilegal , Pastika Tunggu Rekomendasi DPRD Bali

Kamis, 04 Agustus 2016 | 18:05 WITA

Soal Galian C Ilegal , Pastika Tunggu Rekomendasi DPRD Bali

beritabali.com/file

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan masih menunggu rekomendasi dari DPRD provinsi setempat terkait upaya penyelesaian masalah kegiatan galian golongan C ilegal di Kabupaten Karangasem.
 
"Saya harapkan segera ada rekomendasi supaya ada dasar dalam pengambilan keputusan," kata Pastika, di Denpasar, Kamis (4/8).
 
Menurut Pastika, sesuai dengan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kewenangan galian C ada di pemerintah provinsi, namun pihaknya harus tetap taat dengan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Karangasem.
 
"Dalam perda tersebut diatur bahwa surat izin penambangan daerah (SIPD) untuk galian C tidak boleh diberikan kepada usaha galian dengan batas ketinggian di atas 500 meter,"ujarnya.
 
Selama ini, ujar Pastika, banyak galian C yang tidak memiliki izin, tetapi dipungut retribusi. 
 
"Padahal berani memungut itu harus ada dasar hukumnya, apa dasarnya itu?" ujarnya mempertanyakan.
 
Terkait dengan isu ancaman dari pengusaha galian C yang tak mengantongi izin akan melakukan demo besar-besaran, Pastika mengatakan bahwa dirinya paling tidak bisa diancam . "Salah kok malah ngancam? Kalau bener begitu saya tutup selama-lamanya, ngancam juga jadinya," ucapnya.[bbn/rls/psk]


Kamis, 04 Agustus 2016 | 18:05 WITA


TAGS: dprd bali




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: