Bangun Pariwisata Nusa Penida Dengan Sapta Pesona

Senin, 29 Agustus 2016 | 06:05 WITA

Bangun Pariwisata Nusa Penida Dengan Sapta Pesona

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Nusa Penida. Pembangunan Daerah Pariwisata di Nusa Penida tidak bisa berjalan begitu saja tanpa Perencanaan yang matang. Jika kepariwisataan ini dibangun tanpa perencanaan maka suatu saat Nusa Penida menjadi kenangan pahit yang akan diwariskan kepada anak cucu dimasa depan. Oleh karena itu Aksi Sapta Pesona yang diluncurkan saat ini menjadi pintu masuk pembangunan Pariwisata di Nusa Penida. 
 
Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menghadiri Penyelenggaraan Aksi Sapta Pesona di Nusa Penida, Sabtu (27/8) bertempat di Balai Desa Batununggul. Maka dari itu masyarakat Nusa Penida lanjut Bupati Nyoman Suwirta, harus memahami maksud dari 7 aspek Sapta Pesona serta mendukung pelaksanaanya demi pembangunan pariwisata di Nusa Penida yang lebih baik. Gerakan Aksi Sapta Pesona merupakan mimpi bersama untuk mengawal arah pembangunan pariwisata yang ada di Kabupaten Klungkung pada umumnya dan Nusa Penida Khususnya. 
 
Untuk mewujudkan Nusa Penida menjadi kawasan pariwisata yang yang besar, harus dilakukan dari mulai yang sangat sederhana. Nusa Penida bisa jadi Kawasan Efektif Pariwisata (KEP), Kawasan Konservasi Perairan (KKP), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), tidak akan datang begitu saja. 
 
Oleh karena itu Aksi Sapta Pesona yang diluncukan saat ini menjadi pintu masuk pembangunan Pariwisata di Nusa Penida. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Klungkung sudah melakukan beberapa langkah diantaranya mempromosikan Nusa Penida dengan mengadakan festival. 
 
Untuk tahun 2016 ini Nusa Penida Festival (NPF) telah memasuki kegiatan tahun ke- 3. Menurut rencana event tahunan ini akan dilaksanakan 7-9 Oktober mendatang. Melalui NPF harus bisa menunjukkan potensi yang ada yaitu alam dan budaya. 
 
Keseimbangan alam dan budaya harus dijaga, bila tidak lambat laun pariwisata Nusa Penida akan ditinggalkan. Eksplorasi KKP secara besar-besaran tidak boleh terjadi. Selain mengadakan NPF, juga dilakukan komunikasi dengan Menteri Pariwisata Arif Yahya, untuk membangun pariwisata Nusa Penida, terutama pembangunan infrastruktur. 
 
Kementerian Pariwisata RI akan segera membuat surat rekomendasi, agar seluruh Kementrian untuk mendukung KSPN Nusa Penida. 
 
"Membangun Nusa Penida tidak semudah yang dibayangkan, juga tidak seruwet yang dibayangkan. Hal itu akan menjadi mudah bila dilakukan dengan komitmen yang kuat dan kerja nyata" kata Bupati Nyoman Suwirta. 
 
Aksi Sapta Pesona yang diadakan di Kecamatan Nusa Penida merupakan suatu kegiatan yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung Ke Nusa Penida. Sapta Pesona yang terdiri dari 7 Aspek Pesona menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang meliputi aman, tertib, bersih, indah, sejuk, ramah, dan kenangan. 
 
Aksi Sapta Pesona diikuti oleh masyarakat Desa Batununggul Kecamatan Nusa Penida. sebelumnya kegiatan Sapta Pesona diawali dengan pembersihan lingkungan yang dilakukan di sekitar wilayah Desa Batununggul. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pada kesempata tersebut didampingi Ny Ayu Suwirta, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata I Wayan Sujana,Camat Nusa Penida I Gusti Agung Putra Mahajaya, serta FKPC Nusa Penida.[bbn/hms/psk]


Senin, 29 Agustus 2016 | 06:05 WITA


TAGS: klungkung



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: