Taruna Cadet Sail 2016 Diharapkan Turut Promosikan Bali

Jumat, 16 September 2016 | 05:05 WITA

Taruna Cadet Sail 2016 Diharapkan Turut Promosikan Bali

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM

   Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Kunjungan para  Taruna Angkatan Laut yang tergabung dalam kegiatan Cadet Sail 2016  diharapkan dapat menjadi ajang mempromosikan Bali ke negara asal masing masing taruna yang berasal dari sejumlah negara di kawasan ASEAN. 
 
Harapan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Provinsi Bali Made Gunaja saat mewakili Gubernur Bali Made Mangku Pastika ketika menerima perwakilan anggota Taruna Angkatan Laut yang dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Isworo di ruang rapat Praja Sabha, kantor Gubernur Bali, Kamis (15/9). 
 
Para taruna Cadet Sail  rencanannya akan mengunjungi beberapa pulau di Indonesia yang salah satunya Bali bertujuan untuk mempelajari adat dan kebudayaan setempat. Gunaja menjelaskan secara umum mengenai Bali yang merupakan pulau kecil yang tidak memiliki sumber daya alam dan mengantungkan perekonomiannya sebagian besar pada pariwisata. Dengan luas sekitar 5.600 km2, Bali sangat digemari wisatawan karena juga bisa dijangkau dalam waktu satu hari. 
 
“Nilai jual kami adalah adat dan budaya serta ditunjang juga oleh panorama alam yang indah,” bebernya.
 
Selain itu, dia juga berharap para taruna berkesempatan mengenal dan mempelajari budaya Bali. Ia juga menyampaikan Bali dalam mengembangkan potensi wisatanya tidak pernah lepas dari filosofi yang dipegang teguh oleh masyarakat Bali yaitu konsep keseimbangan yang disebut dengan Tri Hita Karana. 
 
“Sehingga wisata kami bisa berpadu dengan apik melalui keseimbangan hubungan antara manusia, alam dan juga Tuhan. Itu ternyata menjadikan keunikan tersendiri di mata wisatawan,” bebernya. 
 
Untuk selanjutnya, Gunaja berharap para taruna bisa menikmati hari-harinya di Bali serta mempersilahkan membeli berbagai cenderamata khas Bali untuk keluarga dan kolega di rumah.
 
Sementara itu sebelumnya, Isworo yang juga merupakan ketua rombongan menyampaikan  rombongan sebelumnya telah mengunjungi Lombok dan belajar budaya Sasak. 
 
“Selanjutnya tempat yang akan dikunjungi adalah Ujung Pandang dan mempelajari budaya Bugis serta Toraja, kemudian dilanjutkan ke kota Balikpapan untuk mempelajari kebudayaan Dayak serta terakhir adalah kota Semarang dengan mempelajari kebudayaan Jawa,” imbuhnya. 
 
Ia juga berharap rombongan bisa menjalankan tugas dengan baik dalam mempelajari kebudayaan Bali. Selain itu, Isworo juga menyatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun sekaligus memperkuat kerjasama antar taruna Angkatan Laut se-ASEAN khususnya di bidang kebudayaan.[bbn/hms/psk]


Jumat, 16 September 2016 | 05:05 WITA


TAGS: pemprov propinsi bali




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: