DenFest ke-9, Balawan Koloborasi Jazz Dengan Musik Tradisional Bali

Jumat, 16 September 2016 | 08:05 WITA

DenFest ke-9, Balawan Koloborasi Jazz Dengan Musik Tradisional Bali

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Denpasar Festival ke-9 tahun ini akan dimeriahkan dengan Denpasar Jazz Festival yang dikolaborasi dengan musik tradisonal Bali. Hal itu dilakukan mengingat perkembangan musik jazz di tanah air banyak bermuculan festival-festival Jazz yang unik, seperti kampung jazz di Bandung, Ngayogjazz di Jogyakarta, Solocity Jazz Festival, Lumpia Jazz di semarang, dan lain sebagainya. 
 
‘’Untuk itu Kota Denpasar sebagai Pusat Kota sangat perlu dikolaborasikan dengan musik jazz melalui Denpasar Jazz Festival dalam ajang Denpasar Festival yang akan datang,’’ ujar Musisi Denpasar Jazz Festival I Wayan Balawan usai audensi dengan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Kantor Walikota Denpasar Rabu (14/9).
 
Lebih lanjut dikatakan, dalam Denpasar Jazz Festival pihaknya akan melibatkan musisi lokal dan nasional. Menurutnya, musisi lokal baik yang mainstream ataupun jazz kontemporer akan melibatkan instrumen-instrumen gambelan maupun kerawitan. Untuk musisi nasional akan dikolaborasikan dengan musik lokal sebagai pengiring. Dengan seperti itu maka musisi lokal bisa bertukar ilmu dan pengalaman serta bisa menjadi ajang promosi pariwisata Bali ke luar negeri.
 
Tidak hanya itu dalam even ini para penyanyi Pop Bali dimana akan membawakan lagu-lagu hits nya atau lagu-lagu ciptaan seniman-seniman tradisional atau lagu daerah diaransemen secara jazz. 
 
Bahkan dalam kegiatan ini akan dilakukan seleksi kepada anak-anak SMP, SMA/SMK atau mahasiswa yang berminat mempelajari musik jazz.  Untuk kedepan Denpasar Jazz Festival ini diharapkan bisa menjadi kegiatan tahunan.
 
Even Denpasar Jazz Festival yang diselenggarakan dalam Denpasar Festival mendapat apresiasi Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra. Menurutnya dengan penampilan musik jazz dalam  ajang Denpasar Festival, maka masyarakat yang berkunjung merasa rilek dan merasa berbeda dari festival sebelumnya. Tidak hanya kolaborasi musik lokal dengan jazz juga dapat mempromosikan kebudayaan Bali ke luar Negeri.[bbn/hms/psk]
 


Jumat, 16 September 2016 | 08:05 WITA


TAGS: denpasar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1606