DPRD Bali Sayangkan Perusakan Terumbu Karang Oleh Wisatawan China

Selasa, 20 September 2016 | 16:50 WITA

DPRD Bali Sayangkan Perusakan Terumbu Karang Oleh Wisatawan China

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Anggota DPRD Bali Ngakan Made Samudra menyayangkan aksi perusakan terumbu karang oleh wisatawan Tiongkok. Penyedia jasa wisata selam (diving) diminta ikut peduli menjaga terumbu karang agar tidak dirusak wisatawan.
 
"Saya minta kepada pemerintah daerah dalam hal ini dinas pariwisata memberi peringatan kepada perusahaan penyelam agar wisatawan yang diajak menikmati terumbu karang tidak melakukan perusakan habitat tersebut, seperti berita vandalisme atau corat-coret pada terumbu karang yang beredar di media sosial," katanya di Denpasar, Selasa.
 
Ia mengatakan tindakan yang diduga dilakukan wisatawan Tiongkok tersebut jelas melanggar aturan lingkungan hidup, karena mereka merusak habitat flora laut yang dilindungi.
 
"Oleh karena itu, untuk keselamatan lingkungan hidup (flora) laut yang paling berperan adalah para perusahaan sektor jasa penyelam tersebut. Para wisatawan sebelum mereka melakukan aktivitas di kawasan terumbu karang harus mentaati aturan, salah satunya tidak merusak terumbu karang, termasuk juga melakukan corat-coret pada kerumbu karang," ucap politikus asal Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.
 
Ngakan Samudra menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh oknum wisatawan 'diving' melakukan perusakan dengan corat-coret flora terumbu karang. Mungkin mereka maksudnya membuat suatu kenangan tertulis di dasar laut. Tapi tindakan mereka jelas itu salah.
 
"Para pemandu wisata menyelam harus memberi peringatan sebelum mereka turun ke dasar laut. Jika mereka ketahuan melakukan perusakan dan corat-coret pada terumbu karang agar diberi sanksi tegas sesuai dengan aturan berlaku," ucap politikus Partai Demokrat ini.
 
Menurut dia, foto posting_bkan yang diungguh dan beredar di media sosial terkait aksi vandalisme oleh wisatawan penyelam adalah pelajaran bagi semua pihak dalam mengelola pariwisata bahari.
 
"Ini patut menjadi pelajaran bagi kita semua. Karena Indonesia sangat kaya dengan wisata bawah laut, karena keindahan terumbu karang dan habitat ikan yang beraneka ragam," ujarnya.[bbn/rls/psk]


Selasa, 20 September 2016 | 16:50 WITA


TAGS: dprd bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: