Ramai Polemik Reklamasi, DPRD Bali Minta Pemerintah Bersihkan dan Tata Sungai

Kamis, 22 September 2016 | 09:45 WITA

Ramai Polemik Reklamasi, DPRD Bali Minta Pemerintah Bersihkan dan Tata Sungai

bbn/file

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Anggota DPRD Bali Ida Gede Komang Kresna Budi mendesak kepada pemerintah pusat dan daerah untuk menata kanal sungai yang bermuara ke Teluk Benoa, Kabupaten Badung.
 
"Saya minta kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan instansi terkait untuk segera memperbaiki kanal-kanal sungai yang bermuara ke Teluk Benoa, sehingga alur sungai akan lancar," katanya di Denpasar, Rabu.
 
Ia mengatakan dengan pembersihan sedikitnya tujuh kanal sungai yang mengarah ke Teluk Benoa, maka kondisi sungai akan lancar dan tidak ada kekhawatiran warga pada saat musim hujan.
 
"Malah yang menjadi isu sangat strategis adalah keinginan pembangunan proyek reklamasi atau revitalisasi Teluk Benoa. Tentu hal ini selamanya akan menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat," ujarnya politikus Partai Golkar.
 
Kresna Budi mengatakan yang paling mendesak bagi Bali saat ini adalah mencarikan jalan keluar agar alur sungai bersih dan melakukan pengerukan sehingga tidak dangkal. Karena sungai-sungai saat ini bisa meluap saat musim hujan disebabkan sampah dan lahan penyerap semakin berkurang.
 
"Ini juga disebabkan semakin meningkatnya alih fungsi lahan pertanian menjadi daerah pemukiman, secara otomatis yang dulunya air hujan diserap lahan sawah, sekarang justru semua bermuara ke sungai," ujar anggota Komisi I DPRD Bali.
 
Oleh karena itu, kata dia, sebelum membicarakan pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata yang lainnya, lebih baik pemerintah melakukan perencanaan pembangunan di bidang pemulihan lingkungan, mulai dari kebersihan, penataan got dan penataan sungai maupun sempadan pantai.
 
"Karena kunjungan wisata ke Bali ingin menikmati keindahan alam dan budaya, bukan semata-mata untuk berlibur di hotel yang mewah saja. Sebab di negara mereka sudah ada fasilitas hotel yang sangat mewah," ucapnya.[bbn/rls/psk]


Kamis, 22 September 2016 | 09:45 WITA


TAGS: dprd bali



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: