Nyepi Desa, Toko dan Pasar Pupuan Tutup Satu Hari

Minggu, 02 Oktober 2016 | 19:05 WITA

Nyepi Desa, Toko dan Pasar Pupuan Tutup Satu Hari

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

BeritaBali,com, Tabanan. Toko dan pasar yang ada di Kota Pupuan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, Minggu (2 Oktober 2016) semuanya tutup. Suasana layaknya hari raya nyepi tersebut berkaitan dengan digelarnya upacara pujawali purnama kapat di Pura Puseh Desa Pakraman Pupuan pada Sabtu (15/10) mendatang.  
 
Camat Pupuan I Putu Arya Suta, mengatakan Nyepi Desa yang digelar Desa Pakraman Pupuan, Minggu (2/10) merupakan rangkaian upacara pujawali purnama kapat di Pura Puseh Desa Parkaman Pupuan. Dikatakanya, pelaksanaan Nyepi Desa dimulai dari pukul 06.00 pagi hari hingga pukul 18.00. 
“Pelaksanaanya hampir sama dengan catur berata penyepian yang digelar setiap tilem kesanga. Namun yang membedakan hanya waktu pelaksanaanya lebih  pendek hanya 12 jam,” jelasnya.  
 
Arya Suta menambahkan, suasana sepi sangat terasa karena toko yang ada di pasar pupuan semuanya tutup. Namun jalan  utama penghubung Tabanan – Singaraja tetap bisa dilalui karena nyepi desa  yang digelar setiap tahun ini hanya berlaku bagi warga Desa Pakraman Pupuan. 
 
“Akses jalan tetap dibuka, agar jalur lalulintas Tabanan – Singaraja tidak terganggu,” jelasnya.
 
Sementara itu sehari sebelumnya, yakni Sabtu (1/10)  yang bertepatan dengan Tilem ketiga digelar upacara pecaruan di Desa Pakraman Pupuan. Pecaruan yang digelar pukul 18.30 tersebut dilanjutkan dengan mebuu-buwu.[bbn/nod/psk]


Minggu, 02 Oktober 2016 | 19:05 WITA


TAGS: tabanan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: