Tiru Sungai Korea, Tukad Loloan Ditata Jadi Objek Wisata Kota

Selasa, 25 Oktober 2016 | 09:15 WITA

Tiru Sungai Korea, Tukad Loloan Ditata Jadi Objek Wisata Kota

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Denpasar. Cegah masyarakat membuang sampah ke sungai, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Denpasar. Salah satunya menata semua sungai yang ada di Kota Denpasar menjadi bersih sehingga nantinya dapat dijadikan  objek wisata dan tempat berolah raga. 
 
Salah satu sungai yang akan menjadikan objek wisata adalah Tukad Loloan di kawasan Mertasari Sanur.  Dimana berbagai aktifitas bisa dilaksanakan di Tukad Loloan ini seperti tempat jogging track, bersepeda dan mancing. 
 
Namun untuk saat ini masih proses pengerjaan dan akhir November dipastikan bisa kelar. Demikian yang disampaikan. Kepala Bidang Pengairan Dinas PU Kota Denpasar Anak Agung Sanjaya saat ditemui di Denpasar, Senin (24/10).
 
Untuk mendukung sarana sebagai objek wisata, Tukad Loloan akan dilengkapi permainan air seperti Sepeda Bebek dan lain sebagainya. 
 
‘’Dengan dilengkapi berbagai hal tersebut saya mengharapkan Tukad Loloan bisa seperti Sungai yang ada Singapura dan Korea. Kami berharap dengan selesainya penataan Tukad Loloan ini akan dapat menambah tempat obyek wisata, rekreasi dan olah raga di tengah kota,” kata Sanjaya.
 
Langkah tersebut banyak mendapat respon dari masyarakat, namun untuk mencapai hal itu ia mengharapkan partisipasi masyarakat. Salah satunya adalah tidak membuang sampah ke sungai, membantu menjaga kebersihan sungai. Dengan hal tersebut ia yakin menjadikan sungai objek wisata seperti di Negara Singapura bisa terwujud.  
 
Selain sampah yang menjadi kendala saat ini adalah pengolahan air menjadi jernih. Namun untuk penjernihan air di sungai pihaknya masih mencari pola yang paling murah dan efektif. Mengingat pengolahan air yang ada sat ini biayanya cukup tinggi.
 
Selain itu untuk meningkatkan kebersihan sungai,  Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas PU Kota Denpasar juga membentuk tenaga khusus yang dinamakan Pasukan Biru yang bertugas membersihkan semua sungai, saluran air, got  dan gorong-gorong .  
 
Pasukan biru ini diperkuat 219 orang yang bertugas membersihkan semua sungai di Kota Denpasar setiap hari. "Mereka (pasukan biru) disebar dan disiagakan untuk membersihkan sampah serta lumpur di sungai-sungai di Denpasar setiap hari,’’ ujarnya.
 
Menurutnya, hasil dari membentuk pasukan biru, kini hampir semua sungai di Denpasar sudah tampak bersih, seperti di Tukad Tag-Tag, Tukad Badung, Tukad Pungawa, Tukad Rangda, Tukad Pekaseh, Tukad Bindu.[bbn/rls/psk]  


Selasa, 25 Oktober 2016 | 09:15 WITA


TAGS: denpasar



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1597