95 Persen Lulusan Kampus Alfa Prima Diserap Dunia Kerja

Selasa, 01 November 2016 | 08:25 WITA

95 Persen Lulusan Kampus Alfa Prima Diserap Dunia Kerja

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Kampus Alfa Prima, Sabtu (29/10) melakukan upacara wisuda terhadap 300 wisudawan. Dari 300 wisudawan, 40 persen sudah bekerja di berbagai bidang pekerjaan.
 
Menurut Direktur Alfa Prima, Made Artana, wisuda kali ini merupakan wisuda yang ke 12, pada usia Alfa Prima yang ke 13 tahun. Wisuda kali ini meluluskan 300 orang wisudawan dari 7 jurusan.
 
"Tahun ini diimbangi dengan prestasi yang luar biasa, dimana ada 3 pencapaian besar yakni Alfa Prima menjadi kampus LKP terbaik Propinsi Bali mewakili ke tingkat nasional, menjadi pengelola LKP terbaik, dan yang ke tiga, mahasiswa kita menjadi juara dua lomba desain grafis nasional bulan lalu. 
 
Artana menyatakan, kelulusan ini merupakan titik awal dari perjuangan para wisudawan. 
 
"Dari 300 wisudawan yang lulus kali ini, 40 persen sudah bekerja sebelum lulus. Selanjutnya mereka akan berkarir dan jika masih ada keinginan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, dimana kita sudah siapkan juga kampusnya di Primakara.
 
Untuk menghadapi era MEA, pihak kampus Alfa Prima menerapkan strategi yakni meningkatkan kompetesi dengan membekali mahasiswa dengan sertifikasi yang sesuai. Strategi lainnya adalah  penguatan bahasa asing atau Inggris.
 
Terkait banyaknya lulusan Alfa Prima yang diterima di dunia kerja, Artana menyatakan kuncinya adalah tanggung jawab kampus terhadap lulusannya. Agar para lulusan Alfa Prima bisa diterima di dunia kerja, pihak kampus mencetak SDM yang betul betul dibutuhkan oleh pasar atau dunia kerja.
 
"Dari awal kita arahkan agar mereka kuliah sesuai bidang yang mereka sukai dan memilih jurusan di bidang yang dibutuhkan oleh masyrakat. Contohnya di Denpasar kebutuhan dunia animasi yang besar, maka di kampus kita siapkan. Jika industri tidak siap, kita juga ragu untuk menyiapkan SDMnya,"ujar Artana.
 
Artana menambahkan, pihak Kampus harus bertanggung jawab terhadap para para lulusannya hingga diterima di dunia kerja. 
 
"Kampus kami adalah kampus yang targetnya para lulusan harus bekerja, kami bertanggung jawab terhadap kelanjutan alumni kami, kita pantau sampai setahun setelah lulus. Hingga saat ini, 95 persen dari sektar 2500 orang alumni kampus Alfa Prima telah bekerja,"ujarnya.
 
Salah satu lulusan Alfa Prima, Kadek Arpon Sumadiyasa mengatakan, dirinya senang dan nyaman kuliah di Alfa Prima. Mahasiswa asal Blahbatuh Gianyar ini menjadi juara nasional desain grafis di Jogja yang digelar belum lama ini.[bbn/psk] 


Selasa, 01 November 2016 | 08:25 WITA


TAGS: alfa prima




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: