Gandeng ITDC, Tabanan Kembangkan Desa Wisata Pinge

Jumat, 11 November 2016 | 07:10 WITA

Gandeng ITDC, Tabanan Kembangkan Desa Wisata Pinge

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Tabanan. Potensi Desa Wisata yang dimiliki Kabupaten Tabanan, khususnya desa wisata Pinge yang berada di Desa Baru Kecamatan Marga, dilirik untuk dikembangkan  lebih lanjut oleh Indonesia Tourism Development Corporation ( ITDC ). Perusahaan BUMN ini akan mengembangkan potensi yang dimiliki desa wisata Pinge agar mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung. 
 
Hal tersebut mendapat sambutan antusias dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat menerima kunjungan dari Direktur Keuangan ITDC Jatmiko K. Santosa di ruang rapat Bupati setempat, Rabu ( 9/11). Hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tabanan Wayan Adnyana.
 
Bupati Eka dalam sambutannya mengatakan, Tabanan memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang sangat luar biasa dan apabila kedua potensi ini disinergikan akan mampu menambah income bagi penduduk lokal. Karena itu pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan desa wisata yang ada di Tabanan, selain mampu mendongkrak perekonomian hal ini juga akan membangkitkan semangat masyarakat untuk senantiasa menjaga alam dan lingkungannya dengan baik. 
 
“ Suatu anugerah bagi kami di Tabanan karena diwariskan alam yang begitu luar biasa. Sangat sayang jika potensi ini dilewatkan begitu saja, karena itu kami berkomitmen untuk mengembangkan desa wisata di Tabanan dan suatu apresiasi bagi kami pihak ITDC akan mendukung kami untuk mengembangkan potensi tersebut,” ungkapnya.
 
Ditambahkan, untuk mengembangkan sektor ini, Pemkab Tabanan juga telah melakukan pembenahan di segala lini terutama pada infrastruktur. Pihaknya berharap, jika desa wisata sudah berkembang dengan baik, maka keinginan mayarakat untuk alih fungsi lahan juga bisa ditekan. 
 
“ Jaga kearifan lokal yang kita miliki karena itu aset yang sangat berharga untuk anak cucu kita kelak. Untuk mendukung desa wisata kami telah melakukan perbaikan infrastruktur dan mudah-mudahan masyarakat tetap setia dengan lahan yang dimiliki tanpa berfikir untuk alih fungsi lahan,” imbuhnya.
 
Sementara Jatmiko K. Santosa mengatakan saat ini ITDC tengah mengembangkan sayapnya ke seluruh Indonesia. Perusahaan BUMN di sektor pengembangan destinasi wisata ini diberikan tugas oleh pemerintah untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia bahkan sampai di kawasan Asia Tenggara. “ Kami mengemban misi untuk mengembangkan destinasi wisata di seluruh Indonesia. Dan khusus untuk di Kabupaten Tabanan, kami akan mengembangkan desa wisata Pinge. Terima kasih kepada Pemkab Tabanan karena telah member kami kesempatan dan menerima antusias misi kami ini. Mudah-mudahan perjuangan kita bersama akan berbuah manis,” ujarnya.
 
Ditambahkan, dengan pengelolaan yang maksimal, pihaknya yakin potensi desa wisata yang dimiliki Kabupaten Tabanan akan berkembang dengan pesat. Karena itu pihaknya berharap kerjasama ini akan bisa terjalin dengan baik untuk turut serta mensukseskan program pemerintah pusat yakni meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia sebanyak 20 juta orang di tahun-tahun mendatang.[rls/psk] 


Jumat, 11 November 2016 | 07:10 WITA


TAGS: tabanan



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: