Respon Cepat Terhadap Pengaduan Publik, Kabupaten Tabanan Dijadikan Pilot Project Dari B-Trust Advisory Group

Rabu, 16 November 2016 | 16:03 WITA

Respon Cepat Terhadap Pengaduan Publik, Kabupaten Tabanan Dijadikan Pilot Project Dari B-Trust Advisory Group

Tabanan telah terpilih sebagai pilot proyek dan mendapat atensi dari Bandung Trust Advisory Group (B-trust). [source: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com - Tabanan. Komitmen Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, yang begitu tinggi  dalam meningkatkan pelayanan publik khususnya dalam menangani pengaduan masyarakat yang langsung direspon cepat dan segera ditindaklanjuti mendapat atensi dari Bandung Trust Advisory Group (B-trust). 

 
Pimpinan B-Trust Advisory Group mewakili European Union dan Ombudsman RI  Ir. Siswanda memberikan buku panduan kepada Bupati Tabanan diwakili Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa, Rabu ( 16/11 ) di Hotel Sotis, Kupang NTT. 
 
Selain Kabupaten Tabanan, buku panduan juga diserahkan kepada Kabupaten Magetan dan Sumba Barat.
 
Ir. Siswanda mengungkapkan, B-Trust adalah sebuah organisasi advisory yang selama ini aktif mendampingi Pemerintah Daerah dan masyarakat di beberapa daerah di Indonesia. Saat ini pihaknya bekerjasama dengan European Union Comission mengadakan seminar nasional penanganan pengaduan masyarakat sebagai katalisator pencegahan korupsi dan efektivitas pembangunan di daerah. Kabupaten Tabanan menjadi salah satu Kabupaten yang dipilih sebagai pilot proyek karena dianggap mampu merespon cepat dan segera menindaklanjuti pengaduan masyarakat melalui kebijakan sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah. 
 
"Kami memilih Kabupaten Tabanan sebagai salah satu pilot proyek karena Tabanan memiliki pimpinan daerah yang mampu merespon cepat pengaduan publik. Seminar ini kami selenggarakan sebagai katalisator pencegahan korupsi dan efektivitas pembangunan di daerah,” ungkapnya.
 
Ditambahkan, penanganan pengaduan masyarakat saat ini menjadi program prioritas pemerintah daerah di Indonesia dan menjadi instrumen penting bagi perbaikan pelayanan publik. 
 
"Dengan adanya program ini dan terpilihnya beberapa daerah menajdi pilot proyek, mudah-mudahan bisa menginpirasi daerah lain," imbuhnya.
 
Sementara Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya karena Kabupaten Tabanan telah terpilih sebagai pilot proyek dan dianggap mampu merespon pengaduan publik dengan cepat. Wirna juga mengucapkan terima kasih kepada Bandung Trust Advisory Group (B-Trust) dan Ori Pusat karena memberi kesempatan kepada Pemkab Tabanan dan menjadi motivasi tersendiri bagi Pemkab Tabanan untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 
 
"Pelayanan publik yang dilaksanakan Pemkab Tabanan sudah berjalan sesuai dengan prinsip transparansi, responsif, kepastian tindak lanjut, obyektif dan dapat dipertanggung jawabkan," ungkapnya.
 
Pihaknya juga berkomitmen, prestasi ini harus terus dipertahankann dan ditingkatkan dengan tetap mengedepankan komunikasi dan koordinasi dengan semua komponen masyarakat dan jajaran Pemerintah daerah. 
 
"Kami tidak akan bisa mewujudkan sebuah program dengan maksimal tanpa dukungan dari masyarakat serta jajaran pemerintah daerah. Kami berharap ke depan prestasi ini bisa kita pertahankan dan terus ditingkatkan, karena memberikan pelayanan terbaik adalah komitmen kami di Pemkab Tabanan," jelasnya. [wrt]


Rabu, 16 November 2016 | 16:03 WITA


TAGS: pelayananpublik BTRUST




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: