Buka Gebyar PAUD, Ayu Pastika Tekankan Pentingnya Periode Keemasan Anak

Jumat, 18 November 2016 | 06:35 WITA

Buka Gebyar PAUD, Ayu Pastika Tekankan Pentingnya Periode Keemasan Anak

Bunda Pendididkan Anak Usia Dini ( PAUD) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika menghadiri acara Gebyar PAUD Tingkat Provinsi Bali di UPT Taman Budaya , Denpasar, Kamis (17/11). [source: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com - Denpasar. Usia dini merupakan periode  keemasan perkembangan yang sangat penting  dalam kehidupan manusia. Tidak hanya aspek kecerdasan yang menjadi perhatian dalam periode ini namun aspek perkembangan yang mencakup moral, spiritual, fisik motorik, sosial emosional, kognitif , bahasa, dan estetika juga memegang peran yang tak kalah pentingnya. Demikian disampaikan Bunda Pendididkan Anak Usia Dini ( PAUD) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika dalam sambutannya pada acara Gebyar PAUD Tingkat Provinsi Bali di UPT Taman Budaya , Denpasar, Kamis (17/11).

Lebih lanjut, Ayu Pastika menyampaikan bahwa pendidikan untuk anak usia dini merupakan proses menumbuhkan, memupuk, mendorong dan menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak mengembangkan potensi yang dimilikinya seoptimal mungkin.
 
“Pendidikan Anak Usia Dini itu sangat penting, saya ingin mengimbau masyarakat khususnya para orang tua agar menyadari bahwa peningkatan sumber daya manusia harus  dimulai sejak usia dini. Karena ini merupakan dasar untuk membangun karakter serta sikap bagi para penerus bangsa kita,” imbuhnya. 
 
Terkait pelaksanaan Gebyar PAUD, Ayu Pastika berharap kegiatan ini menjadi salah satu wahana untuk mendorong Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD ) dalam membentuk karakter anak yang bermoral atau berahlak mulia, kreatif, inovatif dan kompetitif.  
 
Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Gebyar PAUD Provinsi Bali , Komang Merta Dana, yang juga Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Disdikpora Provinsi Bali, menyampaikan bahwa tedapat beberapa upaya pembinaan tumbuh kembang anak secara menyeluruh yang dilakukan seperti dengan menstimulasi intelektual dan potensi potensi pada diri anak, pemeliharaan kesehatan, pemberian nutrisi dan penyediaan kesempatan-kesempatan yang luas untuk mengeksplorasi dan belajar secara aktif.
 
Kegiatan Gebyar PAUD yang mengangkat tema “Provinsi Bali Siap Mewujudkan PAUD Berkualitas dan Berbudaya” ini diikuti sekitar 450 siswa PAUD perwakilan Kabupaten/ Kota se Bali dari umur 4 sampai dengan 6 tahun. Dalam acara yang diawali dengan parade karnaval siswa-siswi PAUD se-Bali ini juga dilakukan penyerahan hadiah bagi Juara Bunda PAUD Tingkat Provinsi Bali tahun 2016 di mana posisi pertama diraih oleh Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, posisi kedua ditempati Bunda PAUD Kota Denpasar, dan Bunda PAUD Kabupaten Klungkung di posisi ketiga. 
 
Disamping itu, juga diserahkan hadiah kepada para pemenang Gugus PAUD Tingkat provinsi Bali yaitu juara 1 diraih Gugus PAUD Jepun Kota Denpasar, Juara dua diraih Gugus PAUD Teratai I Kabupaten Karangasem, dan juara 3 diraih Gugus 1 PAUD Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Penyerahan piala, piagam dan sejumlah uang diserahkan langsung oleh Bunda PAUD Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika. Dalam kesempatan tersebut, Ny. Ayu Pastika juga berkesempatan mengikuti Senam Massal Sehat Ceria bersama sama anak anak PAUD sembilan Kabupaten/ Kota serta melakukan kunjungan pameran kreatifitas anak/guru/orang tua dan menyaksikan kegiatan pentas tarian, dolanan, gerak dan lagu, finger painting serta kegiatan melukis dan mewarnai. [wrt]


Jumat, 18 November 2016 | 06:35 WITA


TAGS: paud gebyar




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: