Gubernur Phuket Thailand Tertarik Dengan Program Rai Mantra Terkait Smart City

Jumat, 18 November 2016 | 09:38 WITA

Gubernur Phuket Thailand Tertarik Dengan Program Rai Mantra Terkait Smart City

Rai Mantra menerima kunjungan Gubernur Phuket Thailand, DR. Chockchi Dejamornthan, terkait pengembangan smart city. [ource: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com - Denpasar. Keberhasilan Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, dalam mengembangkan smart city serta mengembangkan program kepariwisataan di Kota Denpasar sehingga bisa berjalan secara keberlanjutan, membuat Gubernur Phuket Thailand, DR. Chockchi Dejamornthan, mengunjungi langsung Kota Denpasar. Kunjungan ini diterima oleh Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Kamis (17/11) di ruang kerjanya.

Chockchi Dejamornthan mengaku sangat tertarik dan ingin menjalin kerjasama terkait pengembangan smart city dengan Kota Denpasar. Lebih lanjut dikatakannya, sebenarnya ada kesamaan antara Phuket dengan Denpasar, seperti bidang kepariwisataan yang memiliki ciri khas berbeda dengan daerah lainnya. Seperti misalnya, kawasan Sanur yang di kenal DR. Chockichi memiliki kawasan pariwisata yang berbeda dan unik dan ditambah dengan adanya kolaborasi adat dan budaya. 
 
Disamping itu,  dalam kunjungan ini, pihaknya ingin mendalami  pembahasan terkait dengan program smart city yang telah dijalankan Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dengan program pelayanan rakyat online.  
 
“Kami berharap program yang dijalankan oleh Walikota Denpasar dapat kami adopsi sehingga  dapat diterapkan di Phuket Thailand,” kata Chockchi melalui penerjemah. 
 
Selain smart city, Chockchi juga tertarik dengan program Pengaduan Rakyat Online (Pro Denpasar). Di mana dengan program ini pemerintah dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada masyarakat. Selain itu masyarakat dapat melakukan pengaduan secara langsung kepada pemerintah Kota Denpasar. Selebihnya, Ia ingin menjalin kerjasama internasional dalam bentuk sister city untuk saling mendukung dalam mempercepat pengembangan pariwisata, budaya, lingkungan, pendidikan, ekonomi dan investasi antara kedua belah pihak.
 
Walikota Rai Mantra dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas kunjungannya ke Kota Denpasar. 
 
“Adanya program pengaduan ini memberikan  sebuah kemudahan dalam melakukan koordinasi dan komuniakasi di lapangan,” ujar Rai Mantra. 
 
Program Denpasar Smart City memang memberikan percepatan pelayanan kepada masyarakat seperti Pro Denpasar yang berisikan berbagai layanan hingga info lalu lintas di Kota Denpasar. Penanganan arus lalu lintas juga telah dilakukan dengan pemanfaatan teknologi informasi dengan program Area Traffic Conttrol Sistem (ATCS). Pemantauan dengan pemanfaatan CCTV disetiap pojok ruas jalan di Kota Denpasar juga telah dilakukan yang tidak saja dimanfaatkan untuk pemantauan arus lalu lintas, namun juga dimanfaatkan dalam penanganan tindak kriminal di Kota Denpasar. 
 
Mengenai waktu pelaksanaan, sebenarnya ini bukan kali pertama kali diterapkannya program Samrt City. Sebelumnya, lewat Badan Penanggulangan Bencanan (BPBD) Kota Denpasar, telah dimanfaatkan teknologi informasi dalam penanganan kegawat daruratan di Kota Denpasar. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Walikota Rai Mantra juga memperkenalkan kuliner Kota Denpasar seperti loloh dan jajanan tradisional kepada DR. Chockchi Dejamornthan. [Ngurah/ wrt]


Jumat, 18 November 2016 | 09:38 WITA


TAGS: Denpasar Thailand smartcity



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1595