PEMKAB Gianyar Tanam 3000 Bibit Pohon sebagai Upaya Lestarikan Lingkungan

Jumat, 18 November 2016 | 11:30 WITA

PEMKAB Gianyar Tanam 3000 Bibit Pohon sebagai Upaya Lestarikan Lingkungan

Gerakan menanam oleh Pemkab Gianyar sebagai wujud menuju Gianyar BAGUS (Bersih, Aman, Giat, Berudaya dan Sejahtera). [source: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com - Gianyar. Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Gianyar menggelar Gerakan Menanam Pohon Tahun 2016 di Jaba Pura Dang Kahyangan Pengukur-ukur Desa Pejeng Kelod ,Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar (18/11).

 
Kurang lebih 3000 bibit pohon berupa tanaman kehutanan, buah-buahan, dan tanaman langka seperti mahoni, pinang, durian, manggis, majegau, cempaka, albesia, dan gmelina  yang akan ditanam di sekitar lahan Jaba Pura dan di lahan desa adat dan masyarakat yang kurang produktif di sekitar pinggir DAS Pakerisan.
 
Hadir sebagai undangan dalam kegiatan ini Bupati Gianyar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Gianyar Ir. I Made Raka, para pejabat SKPD di Lingkungan Kab. Gianyar, Camat dan para perwakilan FORKOPIMDA di lingkungan Kecamatan Tampaksiring, Perbekel Desa Pejeng Kelod, dan para masyarakat pengempon Pura Dang Kahyangan Pengukur-ukur serta undangan lainnya.
 
Bupati Gianyar dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pertanian, Perhutanan dan  Perkebunan Kabupaten Gianyar Ir. I Made Raka, M.Si mengatakan kegiatan ini merupakan cara kita untuk melestarikan lingkungan, terlebih DAS Pakerisan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia yang patut kita jaga dan lestarikan, untuk itu marilah kita bersama sama tetap menjaganya. 
 
Melalui Gerakan Penanaman Pohon ini yang melibatkan peran serta pemerintah bersama sama dengan masyarakat diharapkan dapat mencegah degradasi lahan, kerusakan lingkungan serta pemanasan global sehingga kerugian baik itu dari segi aspek ekonomi dan ekologis dapat dihindari.
 
"Gerakan Menanam Pohon Penghijauan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Gianyar sebagai wujud menuju Gianyar BAGUS (Bersih, Aman, Giat, Berudaya dan Sejahtera). Dan untuk mengajarkan bahwa pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi pemanasan global  dan untuk mencapai pembangunan Indonesia yang bersih dan hijau," ungkap Kepala Dinas Pertanian, Perhutanan dan  Perkebunan Kabupaten Gianyar Ir. I Made Raka, M.Si saat dijumpai di sela sela acara. 
 
Tujuan penanaman pada lokasi yang dipilih adalah bersesuai dengan kontribusi Pemkab Gianyar terhadap Daerah Aliran Sungai(DAS) Pakerisan yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia (WBD). Selain itu, lokasi juga memiliki situs Goa Garba. 
 
Acara Gerakan Menanam pohon  diisi dengan penyerahan bibit tanaman secara simbolis oleh Kepala Dinas Pertanian, Perhutanan dan  Perkebunan Kabupaten Gianyar Ir. I Made Raka, M.Si kepada Bendesa pekraman Gepokan, Bendesa Sawa Gunung, dan Bendesa Pura Pengukur-ukur. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh para undangan beserta masyarakat di sekitar areal Pura Dang Kahyangan Pengukur-ukur. [gus’d/wrt]


Jumat, 18 November 2016 | 11:30 WITA


TAGS: pohon pemkab



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: