Tips Buat Kamu Agar Saat Lulus Nanti Tak Jadi Penggangguran

Sabtu, 19 November 2016 | 14:24 WITA

Tips Buat Kamu Agar Saat Lulus Nanti Tak Jadi Penggangguran

Jangan sampai sekolah tinggi-tinggi malah berakhir jadi pengangguran. [source: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com - Denpasar. Nganggur? Tentu tak ada yang mau menjadi salah satu bagian dari kelompok ini. Jelas saja, sudah sekolah tinggi-tinggi mana mau berakhir jadi penggangguran. Terlebih pengangguran sering kali identik dengan kemalasan. Entah malas cari kerja, malas berusaha, ataupun kurang kreatif. 

Maka dari itu, sebelum nanti pas lulus kuliah status "pengangguran" bakal disematkan ke diri kamu, lakukan hal-hal berikut agar hidupmu lebih berarti lagi plus gak berakhir jadi pengangguran! 
 
1. Saat Kuliah, jangan sia-siakan diri kamu hanya jadi mahasiswa "Kupu-kupu" 
 
Mahasiswa jenis ini punya kebiasaan kuliah-pulang-kuliah pulang. Makanya, disebut dengan mahasiswa "kupu-kupu". Biasanya mereka sehabis kuliah akan meninggalkan kampus tanpa melakukan aktivitas-aktivitas untuk membangun diri. Misalnya, ikut organisasi kampus maupun kegiatan kemahasiswaan. Padahal sejatinya, ikut organisasi maupun kegiatan kemahasiswaan gak akan ada salahnya buat kamu. 
 
Selain bisa belajar bekerja dalam tim ataupun punya banyak kenalan dari berbagai jurusan bahkan luar kampus kamu, lewat aktif di kampus kamu juga bisa membuka wawasan dan cara pandang kamu. Ini juga bisa jadi jembatan buat kamu. Bisa saja kamu akan berpartner dengan teman kamu di kemahasiswaan ketika lulus nanti! 
 
2. Ikuti diskusi, seminar, maupun workshop yang membangun diri 
 
Kalau diluar sana, mahasiswa akan sangat mencari kegiatan seperti ini. Sebab, seminar dan sebagainya akan menjadi ajang baru buat mahasiswa untuk mengembangkan diri selain di kampus. Selain wawasan yang bertambah, mahasiswa juga pasti akan lebih berkembang. Ilmunya pun bisa menjadi batu loncatan mahasiswa untuk diperkuliahan maupun saat kerja nanti. 
 
Terkadang biaya mengikuti seminar maupun workshop memang mahal, tak ayal kantong mahasiswa yang terkadang pas-pasan jadi pikir dua kali untuk mengikuti kegiatan ini. Tapi, jangan salah, masih ada seminar maupun workshop gratis lho! 
 
Tapi sayang, sudah gratis juga, mahasiswa terkadang malas mengikutinya. Sepertinya, kata "gratisan" lebih sering dipandang remeh. 
 
Nah, ini dia dilemanya. Pengen mengembangkan diri lewat seminar atau workshop, tapi takut sama biaya. Sudah dikasi gratis, malah malas ikut. Mindset seperti ini yang harus dihindari ya! 
 
3. Gak ada salahnya buat coba kerja Part-time
 
Mengapa part-time? apa ini akan mengganggu kuliahmu? 
 
Memang, tak banyak orang yang bisa melakukan dua hal dlaam satu waktu sekaligus. Seperti misalnya kuliah sambil bekerja. Namun, ini justru akan menjadi tantangan tersendiri buat kamu. 
 
Lewat part-time job, kamu akan diajarkan untuk menjadi bertanggung jawab. Entah dengan urusan kerjaan kamu ataupun kuliah. Kamu akan menjadi orang yang belajar untuk menghandle keduanya dlaam satu waktu. Terlebih, kamu juga akan menjadi orang yang akan sangat menghargai waktu. 
 
Pilihannya, ketimbang diam dirumah dan hanya menghabiskan waktu bersama teman, hangout dan semacamnya, kenapa tidak coba part-time job? 
 
Selain bisa nambah-nambah pengalamn kerja di cv, ataupun mendapat uang jajan tabahan, kamu juga sdh satu step lebih maju dari teman-temanmu yang belum pernah bekerja sama sekali. 
 
Ingat, pengalaman adalah yang nomor satu! 
 
4. Aksi sosial, juga gak kalah seru buat kamu ikutin!
 
Ikutan aksi sosial juga bisa menjadi pengalaman gak kalah seru lho. Apalagi buat kamu yang suka dengan kegiatan sosial. 
Tentu, diluar sana banyak sekali pihak yang membutuhkan uluran tanganmu. Lewat aksi sosial, selain bisa menumbuhkan empati, kamu akan belajar banyak hal dari interaksi yang kamu buat. 
 
So, pada intinya, dengan kamu menjadi aktif saat duduk di bangku perkuliahan itu gak pernah ada salahnya. Bukan cuma sekedar dapat teman, dapat pengalaman, ataupun koneksi nantinya, ikut banyak kegiatan kamu juga akan menjadi mandiri dan menjadi lebih baik tentunya. Tinggal pilih, mana jiwamu mana pilihanmu! Pengangguran? No way dong! [wrt]


Sabtu, 19 November 2016 | 14:24 WITA


TAGS: pengangguran tips mahasiswa



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: