Rangkul Disabilitas, Wujudkan Pendidikan Inklusif

PLA Denpasar Peringati Hari Internasional Disabilitas

Minggu, 27 November 2016 | 20:00 WITA

PLA Denpasar Peringati Hari Internasional Disabilitas

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Denpasar I Gusti Agung Rai Anom Suradi, Pembina PLA Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara dan Kelompok Peduli Anak Autis Fajar Pagi Kota Denpasar melepas bersama Jalan Sehat Hari Internasional Disabilitas, PLA Denpasar, Minggu (27/11). [source: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com - Denpasar. Pusat Layanan Autis (PLA) Kota Denpasar yang dicetuskan Istri Walikota Denpasar Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra pada Tahun 2010 lalu serta mendapat dukungan penuh dari Jajaran Pemerintah Kota Denpasar terus memberikan pendidikan inklusif menyesuaikan dengan kebutuhan semua peserta didik, baik peserta didik yang normal maupun peserta didik penyandang disabilitas. Masing-masing dari mereka memperoleh layanan pendidikan yang sama tanpa dibeda-bedakan satu sama lain.
 
Menindaklanjuti dari misi PLA tersebut, pada peringatan Hari Internasional Disabilitas yang jatuh pada Tanggal 3 Desember mendatang akan diadakan agenda kegiatan dilaksanakan PLA Kota Denpasar. Kegiatan tersebut bertujuan untuk merangkul Disabilitas menjadi sebuah kegiatan penting dalam mewujudukan pendidikan inklusif kepada anak-anak Disabilitas di Kota Denpasar. 
 
Pertama-tama, peringatan tersebut dimulai dari kegiatan Talk Show, yang dilanjutkan kemudian pada Minggu (27/11) dengan digelarnya kegiatan Jalan Sehat yang melibatkan seluruh anak-anak Disabilitas Kota Denpasar. Dengan mengambil start didepan PLA Kota Denpasar kawasan Lumintang, kegiatan Jalan Sehat dilepas Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Denpasar I Gusti Agung Rai Anom Suradi, Pembina PLA Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara mewakili Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra, dan Kelompok Peduli Anak Autis Fajar Pagi Kota Denpasar. 
 
"Komitmen Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra melalui Ketua K3S Kota Denpsar Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra sebagai mitra pemerintah dalam kegiatan sosial di Kota Denpasar. Tentunya cetusan mendirikan PLA untuk memberikan pelayanan inklusif kepada anak-anak Disabilitas yang saat ini telah memberikan pelayanan hingga anak-anak PLA Denpasar telah mampu mengikuti pendidikan formal," ujar Pembina PLA Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara 
 
Sementara Koordinator PLA Denpasar Nyoman Handika mengatakan memperingati Hari Internasional Disabilitas menjadi kegiatan rutin PLA Kota Denpasar. Tak hanya melibatkan anak-anak PLA, pihaknya juga melibatkan diantaranya penyandang Disabilitas Tuna Grahita, Tuna Rungu, Tuna Netra. Peringatan dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 25 November lalu melalui kegiatan Talk Show, dilanjutkan Tanggal 26 dengan kegiatan berbagai perlombaan Disabilitas dan pada Hari Minggu ini dengan dilaksanakannya Jalan Sehat bersama sembari mengumumkan para pemenang-pemenang lomba. 
 
Lebih Lanjut, Handikan mengatakan sejak tahun 2010 hingga saat ini, PLA Denpasar telah melayani 112 anak Penyandang Disabilitas degan daftar tunggu yakni terdapat 30 orang anak dengan delapan layanan yang diberikan. Meliputi Terapi Prilaku, Terapi Okupasi, Terapi Wicara, Fisioterapi, Kelas Bina Diri, Kelas Pengembangan Diri, Pool Terapi dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, serta Pemeriksaan kesehatan diberikan oleh Dokter Spesialis Anak dan Psikiater dari Rumah Sakit Umum Wangaya Denpasar. 
 
Dari layanan yang telah diberikan tersebut, Handika memastikan, siswa PLA Kota Denpasar ini telah mampu melanjutkan pendidikan di sekolah formal. [rls/pur/wrt]


Minggu, 27 November 2016 | 20:00 WITA


TAGS: disabilitas PLA



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI 2018-2023
    • I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta
    • Total responden sampai saat ini: 808