Kota Denpasar Raih Penghargaan Indonesia Smart Nation Award 2016

Masuk Peringkat 5 Besar Smart City Katagori Kota Besar Nasional

Jumat, 02 Desember 2016 | 07:00 WITA

Masuk Peringkat 5 Besar Smart City Katagori Kota Besar Nasional

Denpasar Raih Penghargaan Indonesia Smart Nation Award 2016. [source: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com - Denpasar. Kota Denpasar berhasil meraih predikat Golden Champion pada The 2nd Indonesia Smart Nation Awards (ISNA) Smart City Kategori Kota Besar. Penghargaan ini diumumkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara didampingi Deputi Kementerian Perencanaan Pembangunan Bidang Pengembangan Regional Arifin Rudiyanto, di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (29/11).
 
Penghargaan yang diraih Kota Denpasar ini diukur berdasarkan sistem Smart Region Maturity Index (SRMI) yang digagas oleh Citiasia Center for Smart Nation. Ini merupakan metode yang diukur berdasarkan data terpublikasi dari berbagai sumber, seperti data kementerian/lembaga, statistik wilayah seluruh Indonesia, dan web resmi pemerintah daerah beserta analisis 72 media cetak nasional dan lokal serta 100 media online. 
 
Smart Region Maturity Indeks (SRMI) merupakan indeks komposit dari Smart Readiness Index dan Smart Region Index yang parameternya diambil dari kerangka kerja smart nation yang dikembangkan oleh Citiasia. Perhitungan SRMI dilakukan terhadap 415 kabupaten, 93 kota, 34 provinsi di Indonesia termasuk Kota Denpasar.
 
Pada pengukuran tersebut, Kota Denpasar mendapatkan nilai 47,75 untuk kategori kota besar dengan populasi lebih dari 800.000 penduduk. Nantinya, indeks ini berguna untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kondisi suatu kota, kabupaten, provinsi dalam sebuah ukuran yang mudah untuk dipahami. 
 
Tujuan dari disusunnya indeks ini adalah untuk menjadi salah satu acuan kondisi daerah-daerah untuk menuju Indonesia Smart Nation. Sedangkan manfaat bagi daerah sendiri dengan disusunnya indeks ini adalah sebagai alat ukur untuk melakukan inovasi-inovasi dalam pembangunan di daerahnya agar dapat menjadi daerah pintar (Smart Region).
 
Smart Region dibangun untuk mencapai kehidupan masyarakat yang lebih aman, lebih mudah, lebih sehat, dan lebih makmur dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi yang diarahkan untuk perbaikan kinerja, mengurangi biaya (efisiensi) dengan melibatkan partisipasi masyarakat. Sedangkan pada Smart Region Index, terdapat enam dimensi yang diukur, yaitu dimensi smart governance, dimensi smart branding, dimensi smart living, dimensi smart society, dan dimensi smart environment. 
 
Sementara Walikota Denpasar IB Rai Dhamawijaya Mantra  bangga dengan Kota Denpasar, karena berhasil meraih predikat Golden Champion pada The 2nd Indonesia Smart Nation Awards Smart City Kategori Kota Besar.
 
Dengan pencapaian ini, Kota Denpasar akan lebih terpacu di dalam penggunaan Infomasi Teknologi di dalam memberikan pelayanaan ke pada masyrakat kedepannya. Di mana dengan kemajuan teknologi masyarakat akan sangat terbantu didalam bidang pelayanan, dikarenakan dengan kemajuan teknologi masyarakat bisa mengakses semua informasi dengan cepat, mudah dan transparan.
 
“Kedepan kami akan terus meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi,” ujar Rai Mantra. [rls/ays/wrt]


Jumat, 02 Desember 2016 | 07:00 WITA


TAGS: Smart City



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BALI 2018-2023
    • I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan I Ketut Sudikerta
    • Total responden sampai saat ini: 811