Desa Akah Siap Bangun TPST

Sabtu, 03 Desember 2016 | 07:00 WITA

Desa Akah Siap Bangun TPST

Sepeda motor untuk mengangkut sampah, sebagai terobosan pengelolaan sampah. [source: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com - Klungkung. Sampah merupakan masalah yang pasti ada disetiap daerah, perkotaan maupun di desa.  Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Klungkung terus melakukan banyak terobosan agar masalah sampah di Kabupaten Klungkung bisa teratasi. Salah satu terobosan yang sudah berjalan di beberapa Desa di Klungkung adalah program Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). 
 
Salah satu terobosan yang dilakukan oleh Perbekel desa Akah I Nyoman Sujati dalam menyikapi pengangkutan sampah yakni lewat dibelinya dua buah sepeda motor untuk mengangkut sampah yang ada di lingkungan desa akah khususnya yang ada di gang-gang melalui dana ADD. 
 
BACA JUGA: 
"Ini dilakukan karena pengangkutan sampah yang dilakukan oleh pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Klkungkung hanya bisa mengangkut sampah sampai di jalan utama,” terang Sujati. 
 
Semenara, mengenai pengelolaan pengangkutan sampah di gang-gang, masyarakat sendiri menjadi antusias untuk menawarkan diri dalam mengoperasikan sepeda motor pengangkut sampah tersebut. Di mana tugas yang harus dikerjakan adalah mengangkut sampah yang ada di gang dan dibawa ke bak sampah yang ada di jalan utama.
 
BACA JUGA: 
Menurut salah satu warga, Wayan Murna, menyatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih dengan apa yang sudah diperbuat oleh perbekel desa Akah karena selama ini. Sebelum adanya sepeda motor pengangkut sampah ini, dijelaskan bajwa sampah masih banyak berserakan di gang-gang.
 
Wakil Bupati Klungkung Made kasta mendengar laporan tersebut langsung mengunjungi kantor Desa Akah, di mana dalam pertemuannya dengan Perbekel desa Akah Nyoman Sujati, Jumat (2/12), Wabup Made Kasta mengapresiasi apa yang sudah diperbuat. Kedepan, bila sudah ada tempat, pihaknya mengarahkan agar pihak desa bisa untuk membuat Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), selain bisa membuka lapangan pekerjaan juga bisa lebih meningkatkan kebersihan khususnya di Desa Akah. [rls/puspa/wrt]


Sabtu, 03 Desember 2016 | 07:00 WITA


TAGS: sampah TPST



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: