Pembebasan Sementara Sekda Gianyar Sesuai Prosedur

Senin, 12 Desember 2016 | 13:00 WITA

Pembebasan Sementara Sekda Gianyar Sesuai Prosedur

Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar, Drs. Ida Bagus Gaga Adi Saputra, M.Si [Source: Istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com - Gianyar. Tersangkut masalah disiplin pegawai, Drs. Ida Bagus Gaga Adi Saputra, M.Si, dibebaskan sementara dari jabatan Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar.
 
Menurut Kepala Bagian Hukum dan HAM Pemkab. Gianyar Dewa Made Apramana,SH, yang ditemui pada Senin (12/12), pembebasan sementara ini didasarkan pada beberapa hal. Menurutnya, pembebasan sementara oleh Bupati Gianyar ini telah sesuai Keputusan Bupati Gianyar Nomor: 821.2/1728/BKD tertanggal 8 Desember 2016. Pun, sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor :880/6284/OTDA tanggal 25 Agustus 2016 perihal penjelasan atas permohonan rekomendasi pemberhentian Sekda Gianyar, dan Surat Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor : B-1027.1/KASN/6/2016  tanggal 14 Juni 2016 perihal Rekomendasi pemberhentian Sekda Gianyar
 
BACA JUGA: 
Kabag  Hukum Pemkab Gianyar menjelaskan, berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai negeri Sipil (PNS), tata cara pemanggilan, pemeriksaan, pejatuhan dan penyampaian keputusan hukuman disiplin, diawali dengan adanya dugaan pelanggaran disiplin, kemudian pembentukan Tim Pemeriksa ( pasal 25), pembebasan sementara dari jabatan untuk keperluan pemeriksaan sesuai pasal 27 ayat (1) yang isinya : 
 
“Dalam rangka kelancaran pemeriksaan, PNS yang diduga melakukan pelanggaran disiplin, dan kemungkinan akan dijatuhkan hukuman disiplin tingkat berat, dapat dibebaskan sementara dari tugas jabatannya oleh atasan langsung sejak yang bersangkutan diperiksa” 
 
Prosedurnya, dilanjutkan dengan pemanggilan oleh Tim Pemeriksa (pasal 23), kemudian dilakukan pemeriksaan oleh Tim Pemeriksa (pasal 24), hasil pemeriksaan dituangkan dalam Berita Acara Hasil Pemeriksaan (pasal 28), dan penjatuhan hukuman disiplin berdasarkan Berita Acara hasil pemeriksaan (pasal 29).
 
Pembebasan sementara (bukan pemberhentian) Drs. Ida Bagus Gaga Adi Saputra,M.Si dari jabatan Sekda Gianyar, belum merupakan penjatuhan hukuman disiplin sebagaimana dimaksud pasal 7 ayat (4) huruf c Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun semata-mata dalam rangka memudahkan dan melancarkan pelaksanaan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim pemeriksa. 
 
BACA JUGA: 
Selanjutnya tim pemeriksa, melakukan pemeriksaan sesuai tahapan, dan hasil pemeriksaan nantinya dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan, yang dipakai dasar untuk penjatuhan hukuman disiplin oleh pejabat yang berwenang menghukum menjatuhkan hukuman disiplin sesuai pasal 24 Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pengawai Negeri Sipil (PNS). [rls/wrt]


Senin, 12 Desember 2016 | 13:00 WITA


TAGS: sekda gianyar




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1410