Ribuan Personel TNI Bersihkan Sampah di Pantai Kuta

Sabtu, 17 Desember 2016 | 19:55 WITA

Ribuan Personel TNI Bersihkan Sampah di Pantai Kuta

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   

Beritabali.com, Kuta. Pantai Kuta sebagai salah satu destinasi wisata handal di Provinsi Bali belakangan kelihatan sangat kotor dan sangat tidak sedap dipandang mata. Belum lagi dengan aromanya yang tidak sedap, bersumber dari tumpukan sampah baik yang berupa puing-puing kayu, bambu, dan berbagai jenis sampah plastik, termasuk bangkai ikan dan penyu. 
 
Hamparan sampah ini merupakan sampah kiriman yang datang dari segala penjuru dan akhirnya terdampar di sepanjang Pantai Kuta. Sehingga dalam tempo sekejap dapat merubah kondisi dan keindahan Pantai Kuta yang indah menjadi Pantai yang kotor dan menjijikkan. 
 
Menyikapi hal ini Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan Pemerintah daerah Kabupaten Badung mengerahkan 5.000 orang personel yang terdiri dari unsur TNI dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan TNI se Garnizun Denpasar, Kepolisian Polda Bali, unsur Pemda Badung dengan mengerahkan pasukan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Organisasi Kemasyarakatan, dan masyarakat termasuk para pedagang di sepanjang Pantai Kuta, bersama-sama melakukan 'perang' dengan sampah.
 
Tidak ketinggalan puluhan unit truk pengangkut sampah dan 6 unit beco juga dikerahkan untuk mendukung kelancaran pembersihan di Pantai Kuta.
 
Pada kesempatan tersebut, Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa, mewakili Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A, memimpin kegiatan bersih-bersih sampah ini. 
 
Diawali dengan apel pemeriksaan, Danrem menyemangati para peserta dengan yel-yel dan mampu membangkitkan semangat para peserta. Selanjutnya Danrem membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana yang pada intinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua unsur yang telah hadir dan berpartisipasi secara bersama-sama melaksanakan pembersihan di lingkungan Pantai Kuta.
 
"Menjelang tahun baru sudah pasti kunjungan wisata baik domestik maupun manca negara pasti akan meningkat untuk mengunjungi Pantai Kuta. Oleh karena itu Pantai Kuta sebagai salah satu objek wisata andalan harus dalam kondisi yang bersih, tidak seperti sekarang ini kotor dan jorok malu kita sebagai tuan rumah, karena itu pada hari ini kita akan perang dengan sampah untuk membersihkan pesisir Pantai Kuta," ujar Cantiasa.
 
Selanjutnya setelah apel pengecekan koordinator lapangan membagi kegiatan menjadi tiga sektor dengan tujuan untuk mengepektifkan kegiatan pembersihan, sehingga tidak ada istilah saling menunggu, mengingat waktu untuk melaksanakan pembersihan sangat terbatas karena beberapa saat lagi air laut  pasang. 
 
Dengan pembangian sektor ini kegiatan dapat berjalan dengan lancar dengan hasil yang memuaskan. Dan dalam jangka waktu sekejap hamparan sampah di sepanjang persisir Pantai Kuta dapat dibersihkan dibantu dengan peralatan alat berat Beko untuk mengangkut sampah dari bibir pantai menuju truk penganggut sampah yang sudah siap di ruas jalan Panta Kuta.
 
Hadir dalam bersih-bersih sampah ini para pejabat teras Kodam IX/Udayana, Sekda Kabupaten Badung dan segenap FKPD Kabupaten Badung, Camat Kuta dan sejumlah pejabat terkait lainnya. [bbn/rls/psk]


Sabtu, 17 Desember 2016 | 19:55 WITA


TAGS: sampah kuta



Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: