Pemprov Bali Serahkan Bantuan Korban Gempa Aceh

Selasa, 10 Januari 2017 | 06:00 WITA

Pemprov Bali Serahkan Bantuan Korban Gempa Aceh

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM    Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Musibah gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh berkekuatan 6,5 skala richter yang terjadi pada tanggal 7 Desember 2016 lalu mengundang keprihatinan seluruh warga Indonesia termasuk masyarakat Bali. 
 
Maka dari itu, jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Tabanan, Bangli, dan Klungkung menyerahkan bantuan kepada korban gempa berupa uang tunai sebesar Rp 60.415.000,00. Bantuan dikumpulkan dari sumbangan sukarela para pejabat dan pegawai dilingkungan Pemerintah Provinsi Bali. 
 
 
Sumbangan ini selanjutynya disalurkan melalui Palang Merah Indonesia Provinsi Bali dan diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun di Posko PMI Provinsi Bali, jalan Imam Bonjol Denpasar, pada Senin (09/01).
 
Pada kesempatan itu, Sekda Cok Pemayun mengungkapkan bahwa sejak pertama muncul berita terkait bencana tersebut pihaknya langsung membuat surat edaran di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali untuk ikut berpartisipasi secara sukarela terhadap bencana yang terjadi di Aceh. 
 
"Walaupun hasil yang terkumpul tidak terlalu banyak, kami harap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh PMI untuk membantu sudara-saudara kita yang ada di Aceh," ungkapnya. 
 
Ia juga memberikan apresiasi tinggi terhadap usaha kemanusiaan yang telah dilakukan oleh PMI Bali di Aceh sampai saat ini dan Ia berharap hal ini terus dilanjutkan sampai kondisi menjadi stabil.
 
Menanggapi hal tersebut, Ketua PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah disalurkan. Kemudian pihaknya akan menyalurkan bantuan tersebut baik dalam bentuk logistik maupun obat-obatan. 
 
Ia juga mengungkapkan bahwa, terdapat tiga lokasi yang terkena dampak akibat gempa tersebut yaitu Kabupaten Pidie Jaya, Bireun, dan Pidi. 
 
Sampai saat ini pula pihaknya terus menyalurkan bantuan ke lokasi-lokasi tersebut. Ia berharap, dengan bantuan yang telah diberikan baik dari pusat maupun daerah akan mempercepat pemulihan kondisi  masyarakat di Aceh.
 
Sementara itu, Wakil Ketua III PMI Provinsi Bali Bidang Bencana melaporkan bahwa dampak dari bencana alam ini mengakibatkan 102 jiwa meninggal dunia, 85.133 jiwa mengungsi, 11.385 unit roboh, serta 390 fasilitas umum seperti Masjid, Rumah Sakit, Sekolah dan Pasar mengalami rusak berat. 
 
"Sampai saat ini bantuan yang telah disalurkan PMI Bali kepada Kabupaten Pidie Aceh sebesar Rp 31.497.300 yang berasal dari masyarakat Bali sedangkan bantuan pusat yang telah disalurkan untuk Aceh sebesar Rp 5.838.071.577," ujarnya. [rls/wrt]


Selasa, 10 Januari 2017 | 06:00 WITA


TAGS: gempa pidie aceh




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

HASIL SEMENTARA SIMULASI POLLING PEMILIHAN BAKAL CALON GUBERNUR BALI 2018
    • Dr. IGN Arya Wedakarna M Wedasteraputra Suyasa
    • Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos
    • Dr.Ir. Wayan Koster, M.M.n.
    • I Gede Pasek Suardika, SH
    • Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga
    • Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si
    • Drs. I Ketut Sudikerta
    • Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya S.IP
    • Total responden sampai saat ini: 1410